AMBON, Siwalimanews – Sekertaris Majelis Tinggi Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pelauw (IPPMAP) Brigjen Said Latuconsina berharap, IPPMAP selalu bersinergi dan membangun kerjasama dengan pemerintah daerah, maupun komponen masyarakat serta solid dan kokoh agar dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan menuju IPPMAP maju dan jaya.

Permintaan ini disampaikan Latuconsina yang juga Danlantamal IX Ambon, dalam musyawarah besar IPPMAP IV yang berlangsung di Balai Pertanian Maluku di Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Selasa (29/3).

Sementara itu, Gubernur Maluku yang diwakili Kepala Bapenda Djalaludin Salampessy memberikan apresiasi atas penyelenggara mubes IPPMAP, karena memiliki makna yang strategis dalam rangka mempertegas spirit generasi muda sebagai agen perubahan.

Potensi pemuda, pelajar dan mahasiswa harus diarahkan dengan baik, agar menjadi potensi yang positif, oleh karena itu, momentum mubes IPPMAP diharapkan sebagai proses demokratis dan transformatif kader untuk mencari pemimpin serta merumuskan program strategis IPPMAP kedepan.

“Saya juga berharap agar jajaran IPPMAP membangun komunikasi dan bersinergi dengan pemda maupun masyarakat untuk sama-sama mewujudkan visi misi Gubernur Maluku,” ujarnya.

Baca Juga: Ceo NR Herbal Care Gelar Meet and Great di Ambon 

Raja Negeri Pelauw R E Latuconaina yang diwakili Sekertaris Negeri M Ali Latuconsina menegaskan, IPPMAP merupakan salah satu organisasi yang cukup tua di Indonesia, karena dibentuk tahun 1950an, sehingga cukup matang dalam dinamika beroganisasi.

Untuk itu, diharapkan melalui mubes ini, dapat melahirkan program strategis dalam rangka memajukan Pelauw, baik dalam  percaturan nasional bahkan internasional.

“Saya juga mengajak IPPMAP selalu bersinergi dan membantu Pemerintah Negeri Pelauw dan pemda,” pintanya.

Plt Ketua Umum DPP IPPMAP M Syarif Tuasikal, dalam sambutannya berharap, melalui Mubes IPPMAP dapat melahirkan sebuah kepimpinan yang baru dan siapapun yang terpilih harus didukung.

“Kepimpinan IPPMAP tiga tahun kedepan juga harus dilakukan kaderisasi dan pembentukan Cabang IPPMAP yang tersebar di setiap daerah,” pinta Tuasikal

Sebelumnya Ketua Panitia Yani Salampessy dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan mubes IPPMAP, yakni untuk konsolidasi seluruh potensi anak negeri Pelauw, unsur pemuda, pelajar dan mahasiswa, merumuskan kebijakan organisasi eksistensi IPPMAP periode mendatang.

“Selain itu mengevaluasi AD/ART dan PO IPPMAP, dan memilih kepengurusan DPD IPPMAP periodesasi 2022-2025,” ungkap Salampessy

Peserta pada mubes ini kata Salampessy, terdiri dari utusan Majelis Tinggi DPP IPPMAP, DPP IPPMAP, DPD se-Indonesia antara lain, DKI, Jawa Barat, Yogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Sementara dari unsur DPC dihadiri DPC istimewah Pelauw, Maluku Tengah, Kota Ambon, Buru, SBB, Tual dan Dobo. (S-21)