AMBON, Siwalimanews – Keberadaan Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI) saat ini memiliki peran penting dan strategis dalam membantu meningkatkan kualitas dan daya saing Unpatti di semua lini, sehingga peran alumni dalam berbagai kesempatan harus dimanfaatkan demi memajukan kualitas almamater Unpatti.

“Mubes IKAPATTI telah dilaksanakan 25 Maret lalu dan Mubes tersebut merupakan momentum awal kebangkitan alumni yang hampir 58 tahun tak terdengar karena belum terwadahi secara sah sebagai sebuah organisasi alumni Unpatti,” ungkap Ketua umum IKAPATTI, Mohammat Marasabessy, kepada wartawan, di Ambon, Kamis (23/4).

Dikatakan, setelah mendapatkan kepercayaan sebagai Ketua umum IKAPATTI dalam forum Mubes I sekaligus Ketua Formatur didampingi enam orang sebagai tim formatur, Mubes menugaskan formatur bekerja untuk menyusun komposisi dan personalia kepengurusan IKAPATTI periode 2021-2025, menyelaraskan  AD/ART IKAPATTI dan rancangan garis besar program kerja.

“Hasil kerja formatur terkait struktur kepengurusan akan dikukuhkan pada tanggal 26 April di Gedung Audiotorium Unpatti dan penyelarasan AD/ART serta program kerja akan disampaikan pada saat rapat jerja pengurus pada bulan Mei mendatang,” ujarnya.

Kata Marasabessy, sebelum acara pelantikan dan pengukuhan, Tim Formatur dan pengurus inti IKAPATTI akan melakukan roadshow dan beraudience dengan Gubernur Maluku, Rektor Unpatti, Ketua DPRD Maluku dan Walikota Ambon untuk melaporkan struktur IKAPATTI periode 2021-2025, karena selain sebagai pemimpin daerah Maluku namun konstitusi IKAPATTI juga mengamanatkan pimpinan daerah Maluku yang berada didalam  struktur IKAPATTI yang terdiri dari dewan kehormatan, dewan penasehat, dewan pakar dan dewan pengurus.

Baca Juga: Gempa 5,7 SR Guncang MBD

Adapun beberapa program unggulan, lanjut Marasabessy, yakni pembentukan cabang IKAPATTI se-Indonesia, pembangunan gedung alumni yang representatif, pengembangan  sistem rekam jejak lulusan (tracer study), bekerja sama dengan  berbagai lembaga untuk beasiswa bagi mahasiswa, membangun jejaring kerja sama dengan dunia kerja secara lokal, nasional dan internasional, pengembangan sistem bursa kerja berbasis website dan android bagi lulusan, pelatihan sertifikasi industri bagi lulusan, pengembangan website dan data base alumni, temu alumni secara nasional dan mengusahakan penyediaan sarana pendidikan bagi almamater melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

“Harapan dan cita-cita yang diakselerasi melalui program ke­-giatan dimaksud sesungguhnya wujud dari kecintaan dan kontri­busi IKAPATTI secara konkrit dan stimulan terhadap proses perbai­kan lembaga Unpatti sebagai alma­-mater. Ini artinta bahwa keberadaan IKAPATTI sesungguhnya tidak hanya dipandang sebagai sebuah organisasi biasa dari hasil proses pendidikan semata tetapi lebih dari itu IKAPATTI mampu menjadikan dirinya sebagai lembaga puysat pengembangan kreatifitas, inovasi sumber daya alumni bagi kemajuan dan kejayaan Unpatti,” tandas Marasabessy. (S-16)