AMBON, Siwalimanews – Maraknya peredaran narkotika di kalangan masyarakat menjadi bencana bagi bangsa Indonesia.

Untuk itu lembaga anti narkotika atau LAN harus bergandengan tangan untuk melawan peredaran gelap narkotika.

Penagasan ini disampaikan oleh ketua DPD LAN DPP LAN Ibrahim Seihaia usai melantik pengurus DPD LAN Maluku, Selasa (28/6).

Sebagai ketua dirinya mengingatkan kepada pengrus untuk mengedepankan kolaborasi dengan semua lembaga guna mencegah peredaran dan penya­lahgunaan gelap narkotika pada seluruh elemen masyarakat.

“Kita bersyukur walau masih mudah tapi kita sudah mencapai ratusan DPD dan DPC dengan pola perjuangan sangat sederhana, yakni memangkas ruang gerak narkoba secara masif hingga ke lingkungan RT dan RW,” ungkapnya.

Baca Juga: Mayjen TNI Setyawibawa Jabat Pangdam Pattimura

Menurutnya, dengan adanya pelantikan pengurus LAN Maluku harus mengutamakan pencegahan dan rehabilitasi bagi lapisan masyarakat.

“Minimal dengan mengoptimal­kan waktu secara baik, agar dengan waktu yang terserap secara optimal, maka peluang atau kesempatan untuk menggunakan narkotika dapat diminimalisir,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LAN Maluku Mellchior Serhalawan mengaku, pihaknya akan melakukan rapat kerja guna memutuskan program-program kerja yang nantinya dilakukan guna mencegah pereda­ran narkotika.

“Yang pasti kita akan menyusun rencana kerja dulu agar ada gambar­an bagaimana upaya penurunan angka penggunaan dan peredaran narkoba dapat ditekan,” jelasnya.

Menurutnya, LAN Maluku akan menggandeng organisasi kepemu­daan lintas agama untuk gencar melakukan sosialisasi, khususnya bagi pemuda yang rentang terkon­taminasi dengan bahaya narkoba.

“Generasi muda bangsa dapat diselamatkan,” tandasnya. (S-20)