AMBON, Siwalimanews – Program kampung tangguh yang dilaksanakan oleh polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Ambon.

Penghargaan ini disrahkan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes. Leo Simatupang pada peringatan HUT Satlinmas dan Satpol PP, di lapangan apel Balai Kota Ambon, Rabu (3/3).

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan langkah yang telah dilakukan oleh Polri sangat membantu masyarakat melalui program kampung tangguh yang kemudian di support oleh pemkot dan Polda Maluku.

Diakui melalui Bhabinkamtib­mas yang bertugas di sejumlah desa, negeri dan kelurahan di Kota Ambon, memberikan motivasi kepada kades dan raja bahwa setiap potensi yang dimiliki dapat dipakai dan dimaksimalkan agar dapat dimanfaatkan sendiri oleh daerah tersebut

“Akhirnya seluruh lingkungan kelurahan maupun desa dan negeri terbentuk kampung tangguh. Itu yang jadi alasan kita memberi apresiasi kepada kepada Polresta Ambon. Karena kerja sama itu kita wujudkan desa/kampung tangguh di Kota Ambon,” tandas Louhenapessy kepada wartawan usai upacara peringatan.

Baca Juga: Tuasikal: Investasi Ujung Tombak Ekonomi

Lanjutnya, hampir seluruh desa/negeri di Kota Ambon, telah memiliki predikat tangguh dalam beradaptasi dengan keadaan wabah yang saat ini sedang menghantam kota berjargon ‘Manis e’ ini, dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Masyarakat bekerja luar biasa dengan potensi yang ada di desanya baik disektor pertanian, perdagangan, perikanan maupun sektor lain. Potensi itu didorong dan dikembangkan sebagai daerah tangguh untuk kebutuhan lingkungan warga apalagi dimasa Pandemi saat ini,” katanya.

Dirinya juga berharap dalam tahun ini desa/negeri yang masih tersisa ini dapat memiliki predikat tangguh, agar tidak mengalami keterpurukan ekonomi, sosial lantaran pandemik ini.

“Itu paling tidak sifatnya untuk mandiri, agar bisa mengantisipasi kesulitan yang dihadapi masyarakat di tengah pandemi, terutama ekonomi lewat pemberdayaan potensi lokal,” kuncinya.

Sementara itu, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Kombes Leo Simatupang mengaku, sebetulnya dalam kerja bersama, penghargaan itu tidak diharapkan. “Yang paling penting masyarakat di Kota Ambon bisa menjadi masyarakat yang tangguh diberbagai sektor khususnya dalam menghadapi situasi Pandemic Covid-19, tegasnya.

Selain itu kampung tangguh yang dibangun memiliki slogan SAGU (Sehat, Aman, Gotong Royong dan Unggul).

“Ketika satu wilayah mampu implementasi gagasan SAGU ini dalam menjaga ketangguhan desa/negeri, maka dia tidak perlu tergantung dari wilayah diluar,” tandasnya. (S-52)