AMBON, Siwalimanews – Hujan deras disertai angin kencang diprediksi masih akan melanda Kota Ambon mulai 25 Agustus hingga 27 Agustus nanti.

Prediksi itu disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Wilhelmina P,  dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (26/8)

Selain Kota Ambon kata Wilhelmina, potensi hujan sedang hingga lebat juga terjadi dibeberapa wilayah di Maluku, seperti Kabupaten Maluku Tengah, Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat dan Aru.

Sedangkan wilayah yang berpotensi angin kencang dengan kecepatan 45 km/jam diperkirakan terjadi 25 Agustus hingga 27 Agustus nanti di, Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta Kabupaten Buru.

Potensi ini terjadi karena, adanya daerah tekanan rendah di utara wilayah Philipina, menyebabkan terbentuknya daerah pumpunan angin di wilayah laut Banda, hingga Pulau Seram, dimana terpantau suhu muka laut di wilayah Laut Banda dan Laut Seram, dalam kondisi menghangat.

Baca Juga: AMGPM Gelar Diskusi dan Nonton Bareng Film Invisible Hopes

“Kondisi inilah, yang mengindikasikan adanya suplay uap air di wilayah Maluku, menyebabkan kelembapan udara lapisan atas terpantau cukup basah diatas 75 persen di wilayah Pulau Buru, Pulau Seram, Pulau Ambon, dan Kepulauan Kei yang berpeluang dalam pembentukan awan-awan hujan di wilayah tersebut,” ,” tulis pihak BMKG dalam rilisnya.(S-25)