AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku, M Hatta Hehanussa mendorong Pemerintah Daerah melalui OPD teknis untuk memperbanyak bantuan modal usaha bagi masyarakat.

Pasalnya, jika dilihat dari antusiasme masyarakat, khususnya anak muda untuk mengikuti program-program pelatihan wirausaha cukup banyak di Maluku, salah satunya yang diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja Ambon.

“Banyak peserta anak muda yang diikutsertakan dalam ketrampilan BLK telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan pada beberapa bidang, seperti menjahit, perbengkelan, cukur rambut, maupun mebel, tetapi setelah selesai dan kembali ke masyarakat mereka tidak bisa menggalakan kegiatan usaha,” ungkap Hehanussa saat reses di Kabupaten Seram Bagian Barat, Sabtu (18/9).

Menurutnya, hal ini terjadi karena para anak muda tersebut terkendala dengan modal awal untuk membuat usaha, sesuai dengan pelatihan yang diberikan pemerintah melalui BLK Ambon.

Dalam kondisi ini, maka Pemprov Maluku sudah saatnya memikirkan kebijakan untuk menambah anggaran yang diperuntukkan untuk modal usaha bagi anak muda.

Baca Juga: Berkas Lucia Izaac Cs Masuk Pengadilan

“Kita akan dorong pihak dinas terkait untuk membantu, bahkan akan berkordinasi dengan pihak asuransi terkait jaminan modal yang bisa diajukan ke perbankan,” tukasnya.

Politikus Gerindra ini berharap, dengan adanya perhatian serius dari pemerintah daerah, maka potensi wirausahawan muda di Maluku dapat berkembang. (S-50)