AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku, daerah pemilihan Kabupaten Seram Bagian Barat M Hatta Hehanusa, minta Badan Penanggulangan Bencana Daerah di kabupaten itu, untuk segera memberikan perhatian lebih kepada warga yang menjadi korban banjir akibat luapan Sungai Wai Laala.

Pasalnya, pasca luapan sungai Wai Laala telah menimbulkan dampak, baik kepada manusia, harta benda maupun lingkungan sekitar, maka harus menjadi perhatian Pemkab SBB melalui BPBD dengan tetap berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Maluku.

“Hari ini yang dilakukan oleh Pemkab dan BPBD SBB untuk segera melakukan tanggap darurat terhadap penanganan rumah dan masyarakat,” tegas Hehanusa kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (10/2).

Menurutnya, ditengah kondisi saat ini, Pemkab SBB jangan dulu memikirkan penanganan Wai Laala, tetapi yang sangat diperlukan adalah memberikan pelayanan kepada warga terdampak agar tidak menimbulkan persoalan baru.

BPBD SBB harus dapat memastikan dari aspek kesehatan masyarakat benar-benar sehat, dengan menggandeng Dinas Kesehatan untuk dapat melakukan pendampingan dan pemeriksaan kesehatan, sebab ditakutkan ada warga yang terserang penyakit akibat dari luapan sungai tersebut.

Baca Juga: Jaksa Beberkan Peran 6 Terdakwa Penyelundup Senpi ke Papua

Selain itu, BPBD harus memastikan bantuan logistik, baik makanan dan tempat tinggal harus memadai, agar ditengah kondisi bencana alam ini masyarakat tidak menderita, tetapi sebaliknya masyarakat harus merasa kehadiran pemerintah guna meringankan beban yang dirasakan mereka.

“Prinsionya kita minta harus ada perhatian BPBD dengan berkoordinasi dengan semua stakeholder terkait guna melakukan langkah-langkah pencegahan, jangan sampai menimbulkan dampak yang lebih besar,” tegas Hehanusa.(S-20)