AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memenuhi ketersediaan minyak goreng untuk kebutuhan pokok masyarakat, terutama menjelang Bulan Suci Ramadhan dan perayaan Idul Fitri tahun ini, maka pemerintah pusat telah menyiapkan 250 ton minyak goreng untuk disalurkan ke seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon Sirjohn Slarmanat kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (8/3) menjelaskan, 250 ton yang disiapkan pempus itu untuk seluruh Indonesia, sementara untuk jatah Kota Ambon sendiri, masih akan dikoordinasikan dengan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri.

“Jadi kita akan berkoordinasi dengan distributor-distributor yang ada di Kota Ambon untuk segera bangun koordinasi dengan distributor induk yang ada Jakarta, supaya segera mengatur alur pemasok dari pusat yang kuota sudah disiapkan itu guna mengantisipasi jangan sampai terjadi kelangkaan minyak goreng bersubsidi di Ambon,” ungkapnya.

Ia mengaku, saat ini sudah ada instruksi dari Kementerian Perdagangan melalui Dirjen Perdagangan Dalam Negeri perihal kuota minyak goreng subsidi tersebut, sehingga kuota untuk Kota Ambon akan disesuaikan dengan koordinasi yang akan dilakukan oleh setiap distributor di daerah.

“Sementara untuk saat ini, stok minyak goreng di Ambon masih tersedia, karena ada kerja sama juga dengan Perum Bulog, jadi ada beberapa distributor, yang kita sidak kemarin, masih tersedia 2-3 bulan kedepan,” tandasnya.(S-25)

Baca Juga: Sekda: Penetapan APBD 2023 Tunggu Hasil Evaluasi Kemendagri