AMBON, Siwalimanews – Jumlah pasien positif Covid-19 di Maluku masih terus mengalami kenaikan, walaupun segala cara sudah dilakukan oleh Satgas Gustu Maluku maupun pemerintah daerah, namun belum juga terbendung.

Hari ini, Jumat (28/8) tercatat ada penambahan empat kasus pasien positif baru yang seluruhnya berasal dari Kota Ambon.

Adanya penambahan kasus baru ini, maka jumlah kasus di Maluku bertambah menjadi 1.785 kasus naik dari sebelumnya 1.781 kasus. Jumlah ini terdiri dari 652 pasien dalam perawatan, 1.100 pasien sembuh dan 33 pasien meninggal dunia.

“Hari ini juga terdapat satu pasien sembuh asal Kota Ambon. Bertambahnya  pasien sembuh ini maka jumlah pasien sembuh meningkat jadi 1.100 pasien,” ujar Katua Harian Gugus Tugas Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di Knator Gubernur Maluku, Jumat (28/8).

Adapun empat pasien baru asal Kota Ambon tersebut masing-masing, pasien berinisial PN (27) perempuan, pasien inisial AAK (28) perempuan, pasien inisial J (55) juga perempuan dan pasien inisial FC (36) laki-laki.

“Mereka yang baru terkonfirmasi ini, sementara menjalani perawatan di beberapa hotel yang dipakai Pemkot Ambon sebagai lokasi karantina terpusat,” ujar Kasrul.

Sementara untuk satu pasien asal Kota Ambon yang terkonfirmasi sembuh hari ini adalah, pasien yang terkonfirmasi dengan kasus nomor 1058 berinisial BAL (22) jenis kelamin laki-laki.

“Pasien sembuh ini kini telah kembali ke keluarganya dengan membawa surat keterangan sehat. Namun yang bersangkutan juga masih harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari,” tutur Kasrul.

Untuk pasien dalam perawatan saat ini di Maluku berjumlah 652 orang yang terdiri dari, Kota Ambon 585 pasien, Kabupaten Malteng 34 pasien, Kota Tual 15 pasien, Kabupaten Malra 10 pasien dan Kabupaten Buru 8 pasien.

Sementara jumlah suspek sampai dengan hari ini belum mengalami perubahan masih tetap sebanyak 463 suspek yang terdiri dari 461 suspek asal Kota Ambon dan dua suspek asal Kabupaten Maluku Tengah. (S-39)