AMBON, Siwalimanews – Berdasarkan data Covid-19 di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sebagai mana dirilis Gugus tugas setempat per tanggal 17 Juni 2020, pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 58.

Angka itu merupakan data swab terakhir per tanggal 16 Juni yang baru dirilis Gugus Malteng per hari ini, Rabu 17 Juni 2020.

Sepintas angka positif sebanyak 58 berbeda dengan yang dirilis Gugus Tugas Provinsi Maluku dihari yang sama selasa 16 Juni 2020. Dimana data gugus Maluku menyebutkan positif Covid-19 dari Malteng sebanyak 62 kasus.

“Memang yang dirilis provinsi berbeda dengan kita, itu karena ada yang positif di Tulehu tapi sesuai alamat berdomisili di Ambon, Itu faktornya. Setelah kita teliti ternyata yang positif berdasarkan swab dengan alamat domisili di sini itu sebanyak 58 kasus,” ujar Jubir Gugus Tugas Malteng, Jeni Adijaya, saat dikonfirmasi di Masohi, Rabu (17/6).

Secara rinci, 58 kasus positif Covid-19 Malteng tersebar di Tujuh Kecamatan. Yakni, Kecamatan Salahutu mendominasi dengan 37 kasus, Kecamatan Saparua dengan 9 kasus, Kecamatan Leihitu dan Kota Masohi masing masing 4 kasus.

Baca Juga: Kontak Pasien Covid-19 Buru Tolak Ditracking

Kecamatan Pulau Haruku sebanyak 2 kasus, sementara sisanya tersebar di  Leihitu Barat 1 kasus dan Kecamatan Amahai 1 kasus.

Ke 58 pasien positif itu tidak semuanya dirawat di Rumah Sakit. Sebagian hanya menjalani isolasi.

Kasus positif Di Kecamatan Salahutu sebanyak 37 orang. Dari itu, 35 dirawat di RSUD I Umarella, 1 diisolasi di LPMP Maluku dan 1 dirawat di RSUP Leimena.

Sementara Kecamatan yang terbanyak kedua positif Covid -19 ada di Kecamatan Saparua yakni sebanyak 9 pasien. Semuanya dirawat di RSUD Saparua.

Kecamatan Leihitu jumlah positif Covid -19 sebanyak  4 orang. Dari 4 itu, 1 jalani isolasi di LPMP Maluku, 1 di RUMKIT Leimena, 1 diisolasi di BPSDM Maluku dan 1 dirawat di RSUD I Umarella.

Pasien positif Covid -19 di Kecamatan Kota Masohi sebanyak 4 pasien. 3 dirawat di RSUD Masohi dan 1 hanya jalani isolasi mandiri di Instansi.

Untuk positif Covid-19 di Kecamatan Leihitu barat hanya 1 pasien dan sedang jalani isolasi mandiri di  Desa Hattu.

Di Kecamatan Pulau Haruku pasien Covid-19 terdapat 2 orang dan dirawat RSUD Haulussy. Kecamatan Amahai 1 pasien dan dirawat di RSUD Masohi. (*)