NAMROLE, Siwalimanews – Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulisa mengingatkan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan.

“Saya berharap semua komponen mampu menjaga kondisi new normal ini dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Jangan sampai ada yang melakukan pertemuan-pertemuan besar tanpa mempedulikan standar kesehatan Covid-19, semua harus menerapkan standar kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah,” pinta Tagop dalam sambutannya, saat menyerahkan secara simbolis BLT DD bagi masyarakat di Desa Labuang, Kecamatan Namrole, di kantor Desa Labuang, Selasa (16/6).

Menurutnya, pertemuan bisa dilakukan namun harus berpatokan pada protokol kesehatan.

“Bisa saja kita melakukan pertemuan tetapi harus menjaga jarak dan selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan karena virus itu menular selain dari percikan atau droplet tetapi juga dari jabat tangan. Maka itu kita jangan masa bodoh tetapi kita harus menjaga Bursel dari ancaman-ancaman Covid terutama mereka yang baru datang dari Ambon tanpa melalui pemeriksaan kesehatan,” tandasnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini Covid-19 ini belum ada obatnya, dan Covid-19 hanya bisa dilawan dengan ketahanan imun manusia yang kuat.

Baca Juga: Walikota Menghindar, Sekot Pasang Badan

“Jaga kesehatan, sering-sering mengkonsumsi vitamin dan sering makan makanan bergizi. Dan Covid ini harus menjadi tanggung jawab kita semua bukan saja pemerintah dan Pemda Bursel tetapi semua masyarakat juga harus mengambil peran untuk menjaga dan memutus matarantai penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Ia berharap, masyarakat Bursel bisa menerapkan hidup sehat di tengah-tengah fase New Normal, sehingga Kabupaten Bursel yang sudah berstatus hijau ini dapat bertahan dan tidak ada kasus Covid-19 yang muncul.

“Kita saat ini sudah berada disituasi new normal, sehingga saya juga berharap masyarakt bisa mentaati seluruh kriteria dalam penerapan new normal, semua harus taat baik di pasar mupun di tempat-tempat ramai. Semoga BLT ini bisa memenuhi kebutuhan kehidupan masyarakat,” pintanya. (S-35)