AMBON, Siwalimanews –   Dipastikan hari ini, Senin (26/4) Gubernur Maluku, Murad Ismail melantik Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD) periode 2021-2026.

Noach-Kilikily merupakan peme­nang di perhelatan Pilkada MBD pada 9 Desember 2020 dengan me­ngantongi 28.210 suara mengung­guli pasangan Nikolas Hihan Kili­kily-Desianus Orno yang hanya mengantongi 12.244 suara, sedang­kan pasangan Johan Nimrot Leu­nupun-Dolfina Markus menempati posisi ketiga dengan perolehan 5.156 Suara.

Noach dan Kilikily yang maju dalam Pilkada tahun lalu diusung oleh sejumlah partai politik yaitu, PDI Perjuangan, Partai Nasem, De­mokrat, Hanura dan PKP Indonesia.

Sekda Maluku Kasrul Selang ketika dikonfirmasi Siwalima di Kan­tor Gubernur Maluku,  Sabtu (24/4) membenarkan proses pelanti­kan tersebut akan dilaksanakan pada Senin (26/4) di lantai VII Kantor Gu­bernur.

“Senin nanti pak gubernur akan lantik Benyamin TH Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily seba­gai Bupati Maluku Barat Daya,” jelas Kasul.

Baca Juga: Tersisa 20 Persen Pejabat Belum Masukan LHKPN

Kasrul mengaku, Pemprov Malu­ku telah mengantongi SK Menteri Dalam Negeri terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati MBD.

“SK pelantikan sudah ada, kema­rin dibawa oleh Karo Pemerintahan pak Dominggus Kaya. SK ini nanti­nya dibacakan pada saat pelantikan yang rencananya dilakukan pada jam 16.00 WIT,” kata Kasrul.

Kasrul mengungkapkan, situasi pandemi Coviod-19 membuat jumlah tamu dan undangan yang hadir pada saat pelantikan juga akan dibatasi. Penerapan protokol kesehatan ketat akan diberlakukan sama seperti pelantikan dua bupati sebelumnya.

“Jadi jumlah tamu undangan kita ba­tasi, hanya pejabat tinggi di Kabu­paten MBD yang menghadiri acara pelantikan secara langsung, demi men­jaga protokol kesehatan,” sebutnya.

Undangan bagi para tamu yang akan menghadiri proses pelantikan ini lanjut Kasrul, sudah disebar sejak Jumat (23/4).

Untuk diketahui, proses gladi resik pelantikan Bupati dan Wakil Bupati MBD sudah dilaksanakan pada Jumat (23/4) sore. Dalam gladi resik itu dilaksanakan sesuai de­ngan protokol kesehatan ketat, yang nantinya dipakai pada saat proses pelantikan berlangsung.

Hadir pada acara gladi resik ter­sebut, pasangan Benyamin Thomas Noach bersama istri dan Agustinus Lekwardai Kilikily bersama istri, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemda MBD. (S-39)