AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengatakan pengumuman pemenang tender revitalisasi Pasar Mardika pada bulan Agustus mendatang.

“Direncanakan mulai dari pengumuman sampai dengan penetapan pemenang itu, sesuai schedule yang kami peroleh, diperkirakan minggu kedua bulan Agustus,” ungkapnya, kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Rabu (28/7).

Pernyataan tersebut tentu bertolak belakang dengan janji Kepala Bappeda-Litbang Kota Ambon, Enricho Matitaputty yang diungkapkan kepada wartawan pekan lalu, yang mana pada akhir Juli sampai dengan awal Agustus Pasar Mardika sudah direvitalisasi.

Namun kenyataannya, Slarmanat membeberkan, ada prosedur-prosedur yang harus diselesaikan terlebih dahulu agar proses revitalisasi itu dapat berjalan dengan baik.

“Karena setelah pemasukan berkas dokumen oleh penyedia misalnya (Perusahaan), itu ada proyeksi, lalu kemudian sampai pada pentahapan berikut ada sanggahan, sampai dengan penetapan pemenang itu dia butuh proses,” jelasnya.

Baca Juga: Polda Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi

Diakuinya, proses lelang tender ini sudah memasuki minggu ketiga berjalan setelah pengumuman. “Penetapan itu diperkirakan di minggu kedua bulan Agustus,” katanya.

Lanjutnya, jadi minggu kedua Agustus itu setelah penetapan pemenang sudah bisa diketahui dan proses selanjutnya yakni penandatangan kontrak, antara pihak pemkot dan dan perusahaan yang berhasil memenangkan tender tersebut.

“Jadi setelah penetapan pemenang, kemudian penandatangan kontrak itu maka secara efektif, surat penunjukan pelaksanaa kegiatan sudah dikeluarkan proses kerja sudah harus berjalan,” bebernya.

Dirinya menghimbau kepada para pedagang yang sampai dengan saat ini belum meninggal lokasi pasar Mardika terkhusus­nya pada lokasi-lokasi terdampak revitalisasi untuk segera mengosongkan tempat tersebut.

“Dihimbau sebelum pekerjaan itu berlangsung, itu segera sudah harus bersih karena mereka cuma dengan payung-payung saja. Kan diminta untuk tidak ada yang membangun kios,” pinta Slarmanat.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pemba­ngu­nan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Ambon, Enricho Matitaputty memastikan proses revitalisasi Pasar Mardika akan berjalan akhir bulan ini.

“Pasti akhir Juli, kalau asumsi kita lelang itu biasa satu bulan, paling akhir Juli atau awal Agustus,” ungkap Matitaputty kepada wartawan di halaman parkiran Balai Kota Ambon, Senin (19/7).

Diakuinya, sampai dengan saat ini proses lelang sedang berjalan. Untuk lelang tender itu sendiri, kata Matitaputty diawasi langsung oleh Balai Pelaksanaan Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Kementerian PUPR. “Untuk prosesnya sampai ditingkat mana saya tidak tahu, tapi sudah sampai di tahap anuising. Yang pasti lelang itu sudah jalan,” jelasnya.

Untuk targetan pengerjaannya, Matitaputty ungkapkan proses pengerjaan ini akan dilakukan dengan kontrak kerja multi years yang mana revitalisasi ini sudah harus selesai dalam jangka waktu 18 bulan. “Kita membuat penyesuaian soal waktu pelak­sanaan 18 bulan dan mereka (Pemerintah Pusat) sudah setuju,” tandasnya. (S-52)