AMBON, Siwalimanews – Kurang lebih 5.772 siswa dan siswi yang ada di 188 SD se-Kota Ambon, mengikuti ujian atau yang sekarang disebut Assessmen Sumatif Akhir Kelas VI tahun ajaran 2022/2023.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, usai pembukaan sampul pada SD Inpres 21 dan SDN 38 Kudamati, Kecamatan Nusaniwe berharap, para siswa memperoleh hasil yang baik.

Pasalnya, hasil penilaian ini akan menjadi gambaran atas proses yang dilakukan selama anak dididik pada satuan pendidikan itu sendiri.

“Jadi penilaiannya keseluruhan, bukan saja pada kelas VI, tetapi bagaimana siswa dan siswi itu berproses secara keseluruhan mulai dari kelas I,” ujar walikota.

Pada kesempatan itu, walikota juga memberikan apresiasi kepada para pengawas, kepala sekolah,

Baca Juga: Kunker di Malteng, Mensos Santuni Korban Rudapaksa di TNS

dan para guru yang telah memfasilitasi pelaksanaa kegiatan tersebut secara baik, baik secara manual maupun berbasis komputer dan android.

“Terima kasih karena bisa memfasilitasi secara baik, dengan menggunakan HP android dan komputer maka, saya yakin anak- anak di Ambon tidak tertinggal soal teknologi. Kalau semua sekolah, dapat melakukan saya yakin siswa dapat lanjut ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi,” ucap walikota.

Pada kesempatan itu walikota juga meninjau infrastruktur pada sekolah-sekolah tersebut dan mengatakan, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan harus didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Dengan itu sehingga, banyak bangunan yang rusak dan butuh perbaikan.

“Bagaimana anak- anak dapat belajar dengan baik, jika takut plafon roboh dan sebagainya, sehingga dalam keterbatasan, pemerintah kota nanti akan membantu perbaikan fasilitas dan infrastruktur di

sekolah-sekolah,” tutur walikota.

Diketahui, pada kesempatan yang sama, pembukaan sampul juga dilakukan Sekot Ambon, Agus Ririmasse di SD Negeri 5, 6, 12 dan 13.(S-25)