AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena memastikan harga tiket pesawat menjelang Natal naik cukup signifikan. Hal ini menjadi salah satu penyebab tingginya inflasi di Kota Ambon.

Angka inflasi Kota Ambon 6,64 persen salah satunya yang dipengaruhi oleh naiknya harga transportasi udara.

Bayangkan naik pewasat dari Ambon ke Jakarta (sekali transit) biayanya lumayan tinggi dikisaran, 2,8-4,1 juta perorang sekali terbang. Sedangkan kalau penerbangan langsung hanya Ambon-Jakarta Rp5,6 juta.

Jumlah itu cenderung naik menjelang H-7 perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 yang diperkirahkan akan menjentuh angka belasan juta untuk penerbangan langsung.

“Sebenarnya upaya Pemerintah Kota Ambon untuk menekan laju inflasi ini sudah cukup baik, kebutuhan bahan pokok dan sebagainya itu bahkan terjadi deflasi. Ini terjadi justru yang lain, diluar kewenangan Pemkot, seperti pada rokok dan juga penerbangan dan itu diluar kendali kita,” jelas walikota kepada wartawan, di Balai Kota, kemarin.

Baca Juga: DPRD Minta Pemprov Jaga Kualitas Perikanan Maluku

Ia menjelaskan pihaknya mencoba melakukan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, agar pemerintah pusat dapat melakukan intervensi lewat Kementerian Perhubungan supaya harga tiket pesawat dari dan ke Kota Ambon, bisa turun.

“Itu penyebab  tingginya inflasi saat ini di Kota Ambon,” terang Walikota.

Sementara untuk stabilitas harga kebutuhan bahan pokok, kata orang nomor satu di Kota Ambon itu cenderung naik.

“Kita tetap diupayakan  untuk tetap menjaga stabilitas itu dengan menggelar pasar murah, operasi pasar dan juga kerjasama dengan distributor maupun Perum Bulog, agar jika terjadi kenaikan harga  bisa diintervensi,” janjinya.

Selain itu upaya yang dilakukan pemerintah saat ini adalah melakukan inovasi seperti gerakan menanam dan lainnya, rencana subsidi transportasi bagi pemasok komuditi, yang misalnya terhadap transportasi.

“Misalkan pemasok sayur dari Petani, yang harga pada lokasi pengambilan, 5 ribu sampai ke pasar tetap dengan harga itu, karena transportasinya sudah disubsidi oleh pemerintah. Hal itu agar harga bahan pokok tetap stabil, dan itu akan berdampak pada penekanan laju inflasi,” jelasnya.

Untuk diketahui pembelian tiket pesawat melalui sejumlah aplikasi yang terpantau siwalima untuk tanggal 15 Desember di traveloka.com harga tiket pesawat sekali untuk Lion Air 2,54 juta/orang sampai Rp3 juta, Cittiling Rp2,81 juta, batik Rp3,41 juta sementara untuk garuda transit sekali sebesar Rp4,15 juta.

Di tiket.com. Pesawat Ambon ke Jakarta sekali transit untuk Lion Air, Sriwijaya  Rp2,94-Rp3,78 juta. Sementara untuk pegipegi.com Batik Air dari Ambon ke Jakarta sekali transit Rp2,8 juta, Lion Air Rp2,8 sampai dengan Rp3,1 juta, Garuda sekali transit Rp4,1 juta.

Sementara pesawat batik air langsung dari Ambon ke jakarta  (Bandar Udara Halim Perdanakusuma) sebesar Rp5,6 juta. (S-25)