TIAKUR, Siwalimanews – Harga jual minyak tanah masih terbilang tinggi di Kabupaten Maluku Barat Daya bila dibandingkan dengan harga jual di kabupaten/kota lainnya di Maluku.

Harga mitan dijual pengecer ke masyarakat dengan harga Rp6500/liter. Harga ini justru turun dari sepekan sebelumnya diangka Rp7000-8000/liter.

“harga awalnya 7 ribu sampai 8 ribu perliter, sekarang menurut jadi 6.500 perliter. Kita akan pantau terus sehingga kalau bisa tetap pada harga ini,” kata Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda MBD Imanuel Maupula kepada Siwalima di ruang kerjanya, kemarin.

Ia mengaku harga mitan di wilayah MBD baru stabil pada bulan April lalu dimana sebelumnya harga cukup tinggi.

Selain itu dari sejumlah pangka­lan mitan, hanya satu yang men­-jual dengan harga Rp.6500 perliter sedangkan yang lain masih men­-jual dengan harga Rp7000/liter.  “Ini yang jadi tugas dan tang­gung jawab kita. Saya berkeinginan kalau bisa pangkalan mitan lainnya bisa dapat menyesuaikan harga,” harapnya.

Baca Juga: DPRD: Transportasi Online Jadi Kebutuhan

Kata dia, pangkalan mitan yang menjual dengan harga tinggi karena bermitra dengan agen yang ada di Kota Saumlaki. Kost transportasi berpengaruh pada harga jual ketika tiba di MBD.

“Mudah-mudahan bulan depan, kita mencoba tekan, kalau bisa semua pangkalan menjual mitan dengan harga 6.500 perliter,” harapnya. (Mg-2)