AMBON, Siwalimanews – Harga cabe di Kota Ambon yang sempat turun ke harga normal yakni Rp 50 ribu/kg, kini kembali naik, bahkan menembus angka Rp 140/kg.

Wati pedagang cabe d pasar Mardika saat ditemui Siwalimanews, dilapk miliknya, Senin (29/3) mengaku, kenaikan cabe ini, dikarenakan stok yang masuk sangat terbatas sementara tingkat permintaan pasar cukup tinggi saat ini.

“Untuk pasokan itu setiap hari masuk, tapi dengan jumlah yang terbatas, Ini yang buat harganya naik. Sekarang itu harga cabe bisa mencapai Rp 140 ribu tergantung dari kualitas cabenya.,” ujarnya.

Sebelumnya kata dia, harga cabe juga sempat naik diangka Rp 120/kg, namun hanya jelang beberapa minggu kembali turun ke harga normal yakni Rp 40-50 ribu. Nmaun kini naik lagi jelang bulan Ramadhan ini, bahkan cukup tinggi yakni Rp 140 ribu/kg0.

Hal yang sama juga dikemukakan pedagang lainnya Astuti, bahwa kenaikan harga cabe ini dikarenakan, pasokan cabe lokal dari Namlea, Kobisonta sangat berkurang.

Baca Juga: Ribuan Guru di Buru Merana 

“Kalau ada pedagang yang jual caeb Rp 100 ribu/kg itu karena cabe sudah lama atau hampir busuk, namun kalau cabe yang fresh ataus egar itu harganya Rp 140 ribu/kg,” cetusnya.

Selain harga cabe komoditi bumbu dapur yang juga mengalami kenaikan cukup signifikan yakni, bawang. Untuk bawang merah dari harga sebelumnya Rp 32 ribu/kg naik menjadi Rp 50 ribu/kg. Begitupun untuk bawang putih naik dari 29 ribu/kg menjadi Rp 50 ribu/kg.

“Harga bawang di tingkat agen juga naik, untuk bawang mereah yang masih kotor saja merah masih kotor kita beli Rp 35 ribu/kg, kalau yang bersih Rp40 ribu/kg. Sedangkan bawang putih saat ini Rp 39 ribu/kg untuk yang masih kotor sedangkan yang bersih Rp 40 ribu/kg, otomatis ditingkat juga naik,” ungkap Rusdi salah satu pedagang Bawang di Pasar Mardika, saat ditemui di kios miliknya, Senin (29/3).

Pantauan Siwalimanews di Pasar Mardika, meskipun harga kedua komoditi ini melonjak, namun animo masyarakat untuk membeli kedua komoditi ini masih sangat tinggi. (S-51)