AMBON, Siwalimanews – Harga cabe rawit di pasar tradisional Mardika, Kota Ambon mengalami kenaikan mencapai 120 per kilogram.
Kenaikan harga cabe ini akibat pasokan cabai di Ambon alami penurunan , sementara permintaan saat bulan Ramadhan semakin tinggi.

Sebelumnya cabe di Ambon dijual di kisaran Rp70 ribu per kilogram, kini naik dan menembus Rp120 ribu per kilogram. Minimnya cabai, membuat pedagang menjual dengan harga yang mahal.

Menurut Aldin, salah satu pedagang cabe di Pasar Mardika kepada Siwalima di sela-sela kesibukannya, harga cabe rawit dijual Rp100-120 ribu per kilogram sementara untuk cabe kriting Rp 75 ribu per kilogram.

“Untuk harga cabai dijual dengan kisaran 100-120 per kilogram selama bulan Ramadhan sementara cabe keriting 75 ribu per kilogram, sebelumnya di jual 40-50 per kg “ucapnya.

Aldin mengaku, meskipun lonjakan harga cukup tinggi, namun animo masyarakat untuk berbelanja sangat banyak.

Baca Juga: DPRD: Tambah Anggaran Tanggap Darurat

“Harga tidak jadi masalah, para pembeli mau beli saja meskipun harga mahal,”tegasnya.

H.J Halima pedagang tomat juga mengatakan, untuk harga tomat di jual 20-22 ribu per kilogram sebelumnya dijual dengan harga 800 sampai 9000 per kilogram.

Untuk harga buncis di jual 30 ribu per kilogram semester sebelumnya dijual 15 ribu per kilogram. Selain itu harga minyak goreng merek Fortune dan Fraiswell dijual dengan harga 24 ribu per kilogram, sedangkan ukuran 1/2 kilogram harga 13 ribu.

Sementara itu, untuk harga telur yang dijual oleh para pedagang dengan kisaran 1.600 dan 1.700 per butir. .sedangkan harga bawang merah dan bawang putih masih stabil dijual dengan harga 34-40 ribu per kilogram. (S-21)