AMBON, Siwalimanews – Harga cabe merah di sejumlah pasar tradisional Kota Ambon masih sangat tinggi karena berada di kisaran Rp60.000 sampai dengan Rp65 ribu/kg. Ada perbedaan harga tiga jenis cabe di tiga pasar berbeda di Kota Ambon yakni untuk harga cabe merah biasa di Pasar Batu Merah seharga Rp 60 ribu/kg, di Pasar Gotong Royong Rp 60 ribu/kg dan Pasar Mardika Rp 60 ribu/kg.

Sementara harga cabe merah keriting di Pasar Batu Merah Rp.35 ribu/kg, di Pasar Gotong Royong Rp.45 ribu/kg dan Pasar Mardika Rp.40 ribu/kg. Sedangkan cabe rawit merah di Pasar Batu Merah seharga Rp.55 ribu/kg, Pasar Gotong Royong Rp.65 ribu dan Pasar Mardika Rp.60 ribu/kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselanno kepada wartawan menjelaskan kalau harga cabe memang masih tinggi di sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon.

“Memang ada penurunan harga, namun kalau diangka 60 sampai 65 ribu itu masyarakat rasahkan masih tinggi,” kata Elvis.

Dikatakan, pada awal bulan Januari kemarin, justru harga cabe berada pada angka Rp. 120 ribu/kg. Padahal harga normal cabe di pasar tradisional Kota Ambon sekitar Rp.20-30 ribu/kg.

Baca Juga: Buang Sampah Sembarang, DLHP Ngaku Tidak Tahu

“Pasokan cabe saat ini memang sudah masuk, namun jumlahnya belum terlalu banyak sehingga harga masih cukup tinggi karena berada pada angka 60-65 ribu per kilo,” terang Elvis.

Dirinya berharap pasokan dari pulau Buru dan Pulau Seram terus meningkat sehingga harga bisa terus ditekan. “Kalau cabe masuk terus maka kita optimis harga bisa turun sampai ke angka normal,” tandasnya.

Ditanya terkait dengan harga bawang merah sampai saat ini menurut Elvis masih berada pada angka Rp35-38 ribu/kg. Sedangkan harga kebutuhan pokok lainnya masih relatif normal seperti telur ayam, kacang, sayur-sayuran dan minyak goreng. (S-39)