HARI Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 baru dapat diperingati  oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dikarenakan bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2022 dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati, Jumat (13/5).

Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach,  saat membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan bahwa selama 2 tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang dihadapi dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya yakni pandemi Covid-19 tetapi kita semua dapat mengatasinya.

“Hari ini adalah bukti, bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk pemulihan dan kebangkitan,” ujarnya.

Dikatakan, di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama “Merdeka Belajar” yang di tahun ketiga telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Lelang Jabatan Tinggi Pratama Segera Digelar

“Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” katanya.

Ia juga mengatakan, langkah hari ini sudah semakin serentak, laju pun sudah semakin cepat. Namun, belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar.

Upacara dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan Gebyar Paud oleh Bupati Maluku Barat Daya didampingi Bunda Paud, Ketua Pokja Paud dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten MBD.

Hadir dalam upacara ini, Ketua DPRD Kabupaten  MBD bersama Ibu, Kapolres MBD bersama Ibu, Dandim 1511 Pulau Moa bersama Ibu, Kajari MBD, Wakil Bupati MBD bersama Ibu, Wakil Ketua DPRD Kab. MBD, Sekretaris Daerah Kabupaten MBD bersama Ibu, Anggota DPRD Kabupaten MBD, Pimpinan OPD lingkup Kabupaten MBD, dan peserta upacara. (S-08)