AMBON, Siwalimanews – Hadapi cuaca ekstrim yakni Badai La Nina, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, siap siaga 24 Jam. Hal tersebut diungkapkan Kepala Damkar Edwin Pattikawa, Senin (21/12).

Menurutnya, mereka tak hanya bertugas untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di Kota Ambon, namun siap menghadapi segala sesuatu kala dibutuhkan. Dikatakan, mengingat La Nina sekarang sedang mengancam Kota Ambon, selain Covid-19, sehingga status timnya saat ini adalah siap siaga.

“Terkait de­ngan ramalan La Nina, anggota Damkar semuanya sudah siaga 24 jam. Kami selalu stand by 24 jam, untuk membantu mengatasi bencana lain selain kebakaran,” papar Pattikawa kepada wartawan di Balai Kota Ambon.

Ketika disinggung terkait dengan tugas utamanya yakni memadamkan kebakaran dirinya mengungkapkan, sampai sejauh ini masih belum ada kasus kebakaran sehingga masih terus memantau perkembangan cuaca ekstrim La Nina tersebut.

Pattikawa menjelaskan, puncak kebakaran terbanyak pada Februari 2020 lalu. Hal tersebut dikarenakan banyak terjadi kebakaran hutan yang diakibatkan oleh musim kemarau yang melanda Kota bertajuk ‘Manis e’ ini. “Puncak kebakaran tahun ini paling banyak di bulan Februari. Sebab, pada saat itu paling sering terjadi kebakaran hutan, “ katanya.

Baca Juga: HL Awasi Penyaluran Dana CSR BUMN di Maluku

Bahkan kebakaran hutan yang terjadi pada Februari 2020 lalu, tercatat paling menguras tenaga dari para anggota Damkar Kota Ambon. “Kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Nona dan Air Louw Kecamatan Nusaniwe itu, merupakan yang paling para dalam tahun 2020,” ujar Pattikawa.

Namun, setelah Februari berakhir kebakaran di Kota Ambon hingga Desember 2020 ini, tercatat tidak terlalu signifikan. Itu disebabkan oleh curah hujan yang mengguyur Kota Ambon.

“Awal 2020 kita ketahui sendiri kondisi cuaca sangat panas. Namun, setelah beberapa bulan kemarin, curah hujan juga lumayan tinggi. Sehingga potensi terjadi kebakaran hutan juga tidak ada, “ terangnya.

Ketika disinggung kembali, mengenai apa tugas yang dilakukan damkar selain siaga Lanina dan siaga kebakaran sepanjang tahun 2020 ini, dia mengaku, pihaknya menjalankan tugas sejauh ini sesuai dengan kondisi Kota Ambon.

“Kita jalankan tugas sesuai dengan kondisi Kota Ambon. Mengingat sekarang sedang dalam situasi pandemi Covid-19, makanya setiap hari Damkar selalu melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan utama,” pungkas Pattikawa. (Cr-6)