AMBON, Siwalimanews – H-2 Menjelang Perayaan Natal pada 25 Desember, harga telur di pasar tradisional di Kota Ambon mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni mencapai Rp 63 ribu/rak. Bahkan harga eceran juga ikut mengalami kenaikan diharga Rp1.900/butirnya.

“Sekarang telur ayam naik. kalo kemarin itu kita masih jual Rp1.800/butir dan Rp60 ribu/rak sekarang naik jadi Rp1.900/butir dan R63 ribu/rak,” ungkap pedagang telur di Pasar Mardika saat ditemui Siwalimanews, Jumat (23/12).

Pedagang telur lainnya Haris juga mengaku, harga telur saat ini memang mengalami kenaikan, dan kenaikan ini bukan saja dialami di Ambon, namun di seluruh Indonesia dan walaupun harganya alami kenaikan, namun telur ayam tetap dicari oleh masyarakat, terutama yang akan merayakan Natal.

“Harga telur pada pekan kemarin itu untuk per raknya masih ada pada kisaran Rp58-59 ribu, tapi sekarang naik menjadi Rp62-63 ribu, tergantung besar kecilnya telur,” ungkap Haris

Sementara itu, untuk ayam potong fresh masih stabil, hal itu diakui Fino pedagang ayam yang ditemui Siwalimanews di lapak miliknya di Pasar Mardika, Jumat (23/12).

Baca Juga: Komisi III Apresiasi Kunjungan DPR

Menurutnya, untuk ayam potong fresh ukuran 2 kg maish dijual dengan harga Rp75 ribu , dan harga ini masih tetap sama dengan dua pekan kemarin, sehingga dapat dikatakan untuk harga daging ayam potong fresh tak mengalami lonjakan harga.

“Memang ada pedagang yang jual Rp80 ribu untuk ukuran 2 kg ayam fresh, tapi saya tetap dengan harga Rp75 ribu,” ucapnya.

Sementara itu pantauan Siwalimanews di Pasar Mardika, untuk harga kebutuhan lain seperti bawang, baik bawang merah maupun putih serta cabe harganya masih relatif stabil, dimana untuk bawang mereh masih ada pada kisaran Rp45 ribu/kg, bawang putih Rp30 ribu/kg dan cabe Rp30 ribu/kg.(S-09)