Gubernur Sampaikan 4 Pesan bagi  Anggota DPRD Kota Ambon

AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 35 anggota DPRD Kota Ambon terpilih periode 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya sebagai wakil rakyat. Pengambilan sumaph  tersebut dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Kota Ambon Masa Jabatan 2019-2024.

Paripurna yang dipimpin pimpinan sementara Elly Toisuta didampingi Wakil Ketua James Maatita itu, berlangsung di ruang sidang utama Baileo Rakyat Belakang Soya, Rabu (11/9).

“Dalam mengemban amanat rakyat selama lima tahun kedepan, ada 4 pesan yang saya minta untuk ditindak lanjuti setiap anggota terpilih,” pinta Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Walikota Ambon Richard Louhenapessy pada pelantikan tersebut.

Empat pesan tersebut masing masing, pertama, setiap aleg terpilih diminta untuk segera bangun konsolidasi yang sehat dan positif, dengan jajaran eksekutif. Sehat dan positif mesti dimaknai sebagai upaya menciptakan kemitraan yang harmonis, sinergis dan efektif, namun harus tetap kritis dan konstrukti.

Kedua, sebesar apapun kepentingan partai politik, hendaknya menempatkan kepentingan publik yang lebih besar diatasnya. Pasalnya lambaga DPRD ibarat pantai, maka rakyat adalah lautannya, dan pengabdian itulah samuderanya,” tandas gubernur.

Ketiga, setiap anggota diingatkan bahwa, pelaksanaan fungsi ini tidak semata-mata berangkat dari basis keilmuan dan dasar akademik saja, namun jauh lebih penting bahwa sebuah perda mestinya menjadi refleksi dari aspirasi kebutuhan rakyat. Anggota DPRD juga dituntut untuk mampu memecahkan masalah dan bukan justru menambah masalah.

Keempat, tuntutan percepatan pembangunan dan perkembangan zaman, mewajibkan setiap anggota harus mendorong peningkatan kapabilitas dan kualitas serta profesionalisme diri seluruh anggota DPRD agar merata dan seimbang.

“Mengawali tugas kiranya proses belajar bagi penguatan sumberdaya manusia dengan cara orientasi tugas atau bimbingan teknis, mesti dimaknai secara benar demi penguatan hard skill maupun soft skill masing-masing anggota,”tandasnya.(S-45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *