AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Kapolda Maluku Irjen Lotaria Latif meninjau langsung pelaksanaan pencobolosan di sejumlah TPS.

Kegiatan patroli ini dibagi menjadi 3 tim, tim pertama dipimpin oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Tim kedua dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura dan Tim ketiga yang dipim­pin oleh Kapolda Maluku Irjen Lotaria Latif.

Peninjauan dilakukan guna mendu­kung kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, Pangdam XVI/Pattimura bersama Forkopimda Provinsi Maluku, melaksanakan patroli kawal Pemilu untuk meyakinkan situasi disejumlah TPS yang ada di Kota Ambon aman dan kondusif, pada Rabu (14/02).

Pelaksanaan patroli bermula di Mapolda Maluku, kemudian masing-masing Tim bergerak menuju TPS yang sudah ditentukan.

Ada 5 titik TPS yang disambangi oleh Pangdam yaitu, TPS 10 berlokasi di Sekolah Xaverius Ambon, TPS 6 di Gedung SMP Kristen Kelurahan Ahusen, TPS 002 di Masjid Al Istiqomah Kelurahan Wainitu, TPS 2 di Puskud Jl. Ay Patty dan terakhir di TPS 075 di Pandan Kasturi Tantui, Ambon.

Baca Juga: Sahubawa Kembali Luncurkan Program Inovasi

Sementara Kapolda mengunjungi sejumlah TPS TPS 3 BTN Passo, TPS 37 Rukko Pom Bensin transit, TPS 37 BTN Passo, TPS 1 SMA 5 Lateri.

Setibanya di lokasi TPS, Pangdam menyempatkan diri berdialog dengan petugas KPPS dan anggota PAM TPS, termasuk dengan ang­gota TNI-Polri yang sedang melak­sanakan pengamanan.

Pangdam menanyakan soal ken­dala maupun proses pengamanan di TPS, hingga jumlah pemilih yang sudah datang ke TPS. Tak lupa, Pangdam juga menyapa masyarakat yg akan memilih sekaligus berpesan untuk menggunakan Hak pilih dengan baik.

“Gunakan hak pilih dengan baik ya Bapak Ibu semua, semoga semuanya lancar dan sehat”, pesan Pangdam sembari tersenyum ramah.

Pangdam juga berpesan walaupun pilihan berbeda-beda katong tetap Basudara”.

Hadir mendampingi Pangdam, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI Mar Said Latuconsina, Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Kav Shindu Hanggara, Asops Lantamal IX/Ambon Kolonel Pelaut Lukito, Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Agung Sinaring M, Danpom­dam XVI/Pattimura Letkol Cpm Sutrisno dan perwakilan KPU Pro­vinsi Maluku.

Doa Bersama

Sehari menjelang pemungutan suara pada Pemilihan Umum tanggal 14 Februari 2024, Kepolisian Daerah Maluku menggelar doa bersama yang digelar di Mushollah Ar Rahman, Markas Polda Maluku, Selasa (13/2).

Doa bersama dilaksanakan setelah sholat Dhuhur berjamaah ,yang diawali dengan pembacaan Alquran pada Surah Yasin ini dihadiri langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen  Lotharia Latif bersama para pejabat utama Polda Maluku dan anggota serta polwan yang beragama Islam.

“Doa bersama dan Yasinan ini dilakukan untuk keselamatan dan kelancaran personel Polda maupun Polres jajaran dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu,” kata Kapolda Maluku.

Selain kelancaran personel dalam menjalankan pengamanan, doa bersama yang dihelat juga untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga provinsi Maluku senantiasa dalam keadaan aman, damai dan sejahtera.

“Doa bersama ini juga kami lak­sanakan untuk keamanan Provinsi Maluku dan bangsa Indonesia selama pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 ini,” harapnya.

Kapolda juga menghimbau ke­pada seluruh elemen masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, baik menjelang hingga berakhirnya Pemilu 2024.

Ia mengatakan, pilihan politik boleh berbeda, tapi hubungan kekeluargaan dan silaturahmi di antara sesama orang basudara di Maluku harus tetap terjaga.

“Pemilu hanya berlangsung lima tahun sekali, tetapi hubungan kekeluargaan kita antara sesama anak negeri, anak Maluku, dan anak bangsa Indonesia baik suku, agama, tetap berlangsung selama­nya,”ujar­nya.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyambut pesta demokrasi lima tahunan ini dengan semangat persaudaraan untuk me­wujudkan Indonesia yang semakin makmur dan sejahtera. (S-10)