GUBERNUR Maluku, Murad Ismail optimis Daniel Indey punya komitmen untuk membangun Kabupaten Kepulauan Tanimbar, olehnya gubernur meminta Indey untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Temu, kenali apa saja masalah prioritas masyarakat, apa saja tantangan daerah ini, kemudian rumuskanlah solusi yang tepat serta lakukanlah pembenahan sesuai ketentuan yang berlaku. Saya percaya komitmen komitmen saudara berbuat yang terbaik untuk masyarakat Tanimbar,” ungkap gubernur, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, pada acara serah terima jabatan Bupati Kepulauan Tanimbar dari petrus Fatlolon kepada Daniel indey, dalam Rapat Paripurna DPRD setempat, yang berlangsung di Gedung Kesenian Saumlaki, Kamis (2/6).

Dikatakan, tugas Penjabat Bupati sebagaimana yang diamanatkan dalam keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pengangkatan penjabat bupati cukup luas dan komprehensif, dimana hampir seluruh kewenangan kepala daerah menjadi wilayah kewenangan Penjabat Bupati namun demikian ada pembatasan melalui fungsi eva­luasi oleh pemerintah diatasnya. “Kami juga meminta dukungan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk mendukung penuh tuga Penjabat Bupati dengan arif dan bijaksana sambil tetap menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan secara baik,” pintanya.

Kata gubernur, tugas sebagai kepala adalah 2+1 menjadi tiga yaitu menurunkan angka kemiskinan, mensejahterakan masyarakat serta menjaga kelestarian sumber daya alam agar dapat dinikmati oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Baca Juga: Pemda KKT Kembali Terima Opini WTP

“Saya mintakan kerja keras saudara Penjabat bupati guna meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, sosial, pembangunan infrastruktur dan perumahan sebagai urusan-urusan wajib yang bersifat pelayanan dasar,” katanya.

Selain itu, Gubernur juga meminta Penjabat Bupati segera melakukan konsolidasi internal terhadap jajaran birokrasi untuk mendorong agar bekerja lebih efektif, efisien, inovasi dan berkinerja.

“Rangkul semua sumber daya ASN yang ada kemudian identifikasi dan benahi kekuarangan-kekurangan yang ada. Kemudian tempatkan pejabat dengan memegang prinsip dasar the right man, on the right job, lakukanlah perubahan mindset para ASN sebagai pelayan masyarakat dan bukan penguasa atas masyarakat,” lagi pinta gubernur.

Gubernur juga mengingatkan Indey terkait tanggung jawab terhadap pelaksanaan APBD Tahun anggaran 2022 harus dijalankan secara akuntabel, sistematis dan terukur sehingga mampu menjaga kontimuitas dan keseimbangan dari sisi pendapatan dan belanja.  (S-08)