KETIKA menginjakan kakinya di Bandara Udara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kamis (1/9), Presiden RI, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo didoakan sesuai adat dan tradisi di daerah Berjuluk Bumi Duan Lolat.

Orang pertama di negara ini disambut hangat di areal jalan Ir. Soekarno Saumlaki. Buktinya, lautan manusia mulai dari anak-anak sekolah, para Aparatur Sipil Negara turut memadati areal jalan guna memberi penghormatan dan penghargaan kepada Presiden RI.

Dengan kaca terbuka, mobil RI 1 melintasi areal jalan poros sekitar pukul 19.00 WIT, Presiden RI melambaikan tangan menyapa seluruh masyarakat yang memadati areal jalan Ir. Soekarno sambil menanti moment bersejarah dan langka tersebut.

Ribuan manusia berlari mengikuti mobil RI 1. Setelah tiba di persimpangan jalan Ir. Soekarno, Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo memilih turun dari mobil dan berjalan kaki menuju Hotel Beringin Dua yang jaraknya kurang lebih sekitar 300 meter.

Sambil berjalan kaki, Presiden RI dan Ibu negara melambaikan tangan menyapa masyarakat Tanimbar baik kerumunan masa yang menanti Joko Widodo maupun yang sedang bekerja di toko, bengkel, kios-kios dan rumah makan.

Baca Juga: Jelang Penilaian Ombudsman Sekda  Kunjungi Semua OPD

Aksi Presiden RI itu meningkatkan rasa simpati dan empati masyarakat Tanimbar.

Sontak pilihan jalan kaki menuju Hotel Beringin Dua Saumlaki, tempat menginap Presiden dua periode itu sempat menyibukkan Paspampres, polisi dan TNI yang bertugas menjamin keamanan dan keselamatan Presiden RI.

Bahkan terlihat Tentara, Polisi dan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Tanimbar menutup akses jalan Ir. Soekarno menuju Hotel Beringin Dua dari motor dan mobil yang hendak menggunakan jalan dari Ir.Soekarno-Hotel Beringin Dua dan dialihkan ke jalur jalan lainnya. (S-08)