AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku Murad Ismail akan menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Maluku pada saat peringatan HUT Provinsi Maluku ke 75 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus.

Penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa bantuan tanaman holtikultura dari Kemen­terian Pertanian bagi kelompok masyarakat dan sejumlah bantuan lainnya kepada masyarakat.

“Jadi penyerahan akan dilalukan oleh pak gubernur disela-sela peringatan HUT Provinsi Maluku yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Rabu (19/8),” jelas ketua panitia peringatan HUT Provinsi Maluku, Frangky J  Papilaya kepada wartawan di kantor gubernur maluku, Selasa (18/8).

Dijelaskan bantuan lain yang juga akan diserahkan pada saat peringatan HUT adalah dana stimulan bagi rumah tidak layak huni dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, juga bantuan bagi ahli waris pasien covid yang meninggal dunia dan bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Selain itu juga akan ada penyerahan hadian bagi lomba mural dan lomba lagu terkait dengan Covid-19. “Bantuan dari Kementerian Pertanian sudah ada, tinggal diserahkan oleh bapak gubernur,” jelas Papilaya.

Baca Juga: Bupati bagi Hasil Panen Kebunnya ke Warga

Sementara untuk upacara peringatan ini sendiri akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka pada pukul 08.00 WIT.

“Pak gubernur akan bertindak sebagai insptektur upacara sedang­kan komandan upacara diserahkan kepada Kasatpol PP Maluku, Andre Adrians, jelas Papilaya.

Untuk peserta upacara sendiri juga di batasi baik itu pasukan upacara maupun tamu undangan yang hadir.

Meningat saat ini lagi masa pan­-demi Covid-19, olehnya kata Papi­-laya semua perayaan yang mengha­dirkan banyak orang harus dibatasi. “Upacara provinsi yang ke 75 tidak seperti tahun-tahun lalu, peserta upacara kita batasi dan setelah upacara bendera ada beberapa cara tambahan acara,” ungkapnya.

Sementara untuk paripurna istimewa HUT Provinsi Maluku akan digelar secara virtual.

Dan seluruh kegiatan baik upacara maupun kegiatan paripurna itu diikuti langsung oleh seluruh bupati/walikota dari masing-masing daerah secara virtual.

“Biasanya kan mengundang bupati/walikota untuk hadir dalam seluruh rangkaian kegiatan HUT, namun karena kondisi maka semua itu secara virtual termasuk ASN. Sebagian ASN akan mengikuti upacara dari rumah,” ujarnya.

Perayaan kali ini tambah Papilaya, walaupun dirayahkan sederhana tapi ini memberikan makna bagi kita bahwa Provinsi Maluku diusianya yang ke 75 tahun yang sudah banyak capaian-capaian yang kita peroleh dan jadi semangat motivasi bagi para pegawai untuk mengabdi berkarya bagi masyarakat Maluku.

“Sesuai dengan tema HUT kali ini adalah mewujudkan masyarakat produktif dan inovatif dalam tatanan kehidupan baru menuju Maluku Sejahtera itu adalah mewujudkan dan inovatif dalam tatanan kehidupan baru menuju Maluku Sejahtera,” tandasnya. (S-39)