AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku, Murad Ismail membuka acara flagship event Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku yakni Maluku Manggurebe, yang berla­ng­sung di  Gedung Serbaguna Fran­siscus Xaverius, Jumat (9/9).

Kegiatan Maluku Manggurebe ini merupakan bentuk kolaborasi dan si­nergi antara KPw BI Provinsi Maluku bersama dengan stakeholders terkait untuk membangun Pro­vinsi Maluku.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan apresiasi besar ke­pada KPw BI Provinsi Maluku yang secara konsisten melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat me­ningkatkan perekonomian Maluku, khususnya dari sisi UMKM.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada KPw BI Provinsi Maluku yang telah melak­sanakan kegiatan seperti ini yang sejalan dalam mendukung Gernas Bangga Buatan Indonesia (GBBI). Oleh karena itu kami juga mengha­rapkan agar dapat terus tercipta kolaborasi diantara seluruh stakeholders guna meningkatkan pereko­no­mian di Provinsi Maluku,” ung­kap Gubernur.

Dikatakan, pihaknya juga men­dorong pelaksanaan digitalisasi sistem pembayaran baik di sisi UMKM maupun dalam transaksi pemerintahan.

Baca Juga: KM Kulabel Indah Angkut 38 Penumpang Alami Kebocoran di Laut Aru

“Selain itu kami juga mendorong agar seluruh stakeholders dapat mendukung adanya Kerjasama Antar Daerah (KAD) guna menjaga kestabilan harga di tengah tingginya inflasi di Provinsi Maluku” jelas Gubernur.

Acara Maluku Manggurebe resmi dimulai dengan pemukulan tifa oleh Gubernur Maluku bersama Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Bakti Artanta yang turut disaksikan oleh Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa dan Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena.

Dalam rangkaian kegiatan opening ceremony Maluku Manggurebe ini juga dilaksanakan simbolisasi komitmen Forum Pengembangan UMKM Provinsi Maluku oleh Gubernur Maluku bersama dengan Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, OJK Provinsi Maluku, Perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Maluku serta Perbankan. Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan wisuda peserta Onboarding UMKM, penandatangan MoU Kerjasama Antar Daerah secara business to business antara distributor bawang merah di Kota Ambon dengan kelompok tani bawang merah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur serta simbolisasi business matching Perbankan dengan UMKM. Opening ceremony Maluku Manggurebe ditutup dengan penampilan fashion show bertajuk ‘Sandyakala – Maluku Tenun Variety Parade’ hasil rancangan Elfie Lilia. Kegiatan Maluku Manggurebe berlangsung selama dua hari hingga Sabtu (10/9). (S-08)