AMBON, Siwalimanews – Dewan Pimpinan Wilayah Garda Pemuda Nasdem Maluku melaksanakan aksi kemanusiaan berupa donor darah dalam memperingati hari sumpah pemuda ke 93.

Aksi donor darah ini berlangsung di kantor PMI Cabang Ambon Kudamati, Kamis (28/10).

Korwil Satgas PSP Berdema Yabes Souhaly menyerahkan bantuan GP Nasdem Maluku, berupa kantong darah  B kepada di PMI Cabang Ambon, sebagai wujud nyata dalam mewujudkan aksi kemanusiaan.

Sebelum donor darah, anggota GP Nasdem menjalani pemeriksaan kesehatan. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, mereka kemudian melakukan donor darah.

Ketua Bidang OKK GP Nasdem Maluku, Eliza A de Lima mengatakan, donor darah ini merupakan perintah langsung Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh kepada kader Garda Pemuda Nasdem berbuat nyata.

Baca Juga: Wamenag Minta LDK Ikut Garami Warga dengan Pesan Kebenaran

Pemuda harus dapat mengaktualisasikan dirinya dalam kegiatan-kegiatan kemanusian.

“Sesuai perintah Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem, kaka Prananda Surya Paloh, kita melakukan aksi donor darah yang kedua kali ini, dan juga menyerahkan kantong darah ke PMI Cabang Ambon, apalagi stok darah di PMI Ambon menupis,” kata Eliza yang juga ikut donor darah.

Donor darah ini merupakan aksi nyata Garda Pemuda Nasdem untuk membatu masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya yang membutuhkan darah.

Selain di Kota Ambon, donor darah Garda Pemuda Nasdem ini juga berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda, dengan tema “Setetes Darah Untuk Negeri”.

“Khusus di Ambon, donor darah ini menjadi arti bagi basudara yang ada di Ambon dan sekitarnya, dan kiranya stok darah tetap tersedia di PMI. Dan konsen kami setelah ini, jika Tuhan berkehendak setiap triwulan kita akan melakukan donor darah,” jelas Eliza.

Sementara itu, Wakil Kepala Markas PMI Cabang Ambon, Norman Pattikawa mengatakan, PMI sangat terbantu atas aksi nyata Garda Pemuda Nasdem Maluku ini. Saat ini stok darah di PMI sangat menipis.

Karena itu, Norman berharap aksi ini menjadi agenda rutin tiap triwulan untuk menjaga stok darah di PMI Ambon.

“PMI Kota Ambon berharap aksi ini tidak berhenti hari ini saja, tapi menjadi agenda rutin, sehingga darah-darah tersebut menjaga stok kami, agar masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya yang membutuhkan darah agar selalu ada di PMI Kota Ambon,” kata Norman.

Atas aksi donor darah ini, PMI Ambon juga memberikan piagam penghargaan kepada Garda Pemuda Nasdem Maluku. (S-51)