AMBON, Siwalimanews –  Gempa bumi dengan magnitudo 6,1 skala richter mengguncang Laut Banda, Kamis (26/10) sekitar pukul 14.44.17 WIT.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,9. Episenter gempa terletak pada koordinat 7,41° Lintang Selatan, 129,40° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 196 km arah Timur Laut, Maluku Barat Daya, pada kedalaman 159 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust fault),” jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (26/10).

Dijelaskan, Gempa yang terjadi ini berdampak dan dirasakan di daerah Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan skala intensitas III-IV MMI atau bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Namun hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Bahkan hingga pukul 14.54 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Baca Juga: Permahi Serukan Pemilu Damai 2024

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun masyarakat dihimbau agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” himbau Daryono.

Ia juga minta kepada masyarakat untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi yakni Instagram/Twitter @infoBMKG, website http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, telegram channel https://t.me/InaTEWS_BMKG atau melalui mobile apps IOS dan Android: wrs-bmkg atau infobmkg.(S-06)