AMBON, Siwalimanews – Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,1 skala richter kembali mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Jumat (11/12) pukul 17:16:02 WIT.

Pelaksana tugas Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi menjelaskan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukan episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3.77 Lintang Selatan dan 127.96 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat 26 km Barat Ambon pada kedalaman 10 kilo meter.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” ujar Sunardi dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat(11/12).

Menurutnya, berdasarkan informasi dari masyarakat gempa ini dirasakan di Ambon II-III MMI dimana pada daerah tersebut, guncangan gempa dirasakan oleh banyak orang.

Walaupun demikian, saat ini belum ada laporan terkait dengan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Sementara hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: BMKG Bantu Alat Deteksi Gempa ke Pemkot

“Hingga pukul 17:26 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” ucapnya.

Pada kesmepatan itu, Sunardi menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” himbaunya.(Cr-5)