AMBON, Siwalimanews – BMKG Stasiun Geofisika Ambon me­­nyerahkan bantuan alat pende­teksi gem­pa, Warning Receiver System (WRS) NewGen kepada Peme­rintah Kota Ambon, Sabtu (20/6).

Alat WRS NewGen ini untuk menyebar­luaskan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

Bantuan WRS NewGen tersebut dibe­ri­kan langsung oleh Kepala BMKG Pro­vinsi Maluku, Sunardi kepada Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler didampingi Sekretaris Kota Ambon, A G Latuheru, yang dipusatkan di Balai Kota Ambon.

Kepala BMKG Provinsi Maluku, Su­nardi mengatakan,  WRS NewGen meru­pa­kan alat pendeteksi Gempa dan tsunami yang bersifat realtime, sehingga dalam kurang dari tiga menit informasi dapat dengan cepat di terima oleh mas­yarakat agar dapat melakukan upaya pertahanan diri atau antisipasi.

“WRS ini memberikan informasi gempa secara cepat karena bersifat real­time otomatis dari BMKG dengan waktu kurang dari 3 menit, dapat meng­ambil langkah secara cepat dalam me­nangani bencana, sehingga memberi man­faat nyata dalam menyelamatkan masyarakat Kota Ambon,” ujarmya.

Baca Juga: Jalan Lintas Masohi-Tehoru Masih Putus

Mengingat Provinsi Maluku yang berada di kawasan rawan bencana terkhususnya Kota Ambon, sehingga WRS ini bermanfaat untuk membantu masyarakat mengetahui gempa dan tsunami lebih awal, agar dapat bersia­ga dalam menghadapi bencana tersebut.

Sunardi berharap, Pemerintah Kota Ambon dapat menjaga alat tersebut, karena itu, dirinya berterima kasih ke­pada Pemkot Ambon telah memberikan tempat khusus yang digunakan untuk memasang peralatan instalasi WRS tersebut.

“Atas nama BMKG mengucapkan terima kasih kepada pemkot yang telah menerima WRS NewGen berharap, dukungan dari Kota Ambon yang telah kita pasang peralatan instalasi WRS untuk dapat menjaga alat tersebut, me­ngingat wilayah kita merupakan wilayah rawan bencana,” harapnya.

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler juga mengucapkan terima kasih kepada BMKG sebab telah memberikan alat deteksi tersebut, mengingat wilayah Ko­ta Ambon termasuk wilayah yang rawan gempa di Provinsi Maluku.

“Perangkat WRS NewGen, alat ini funsinya untuk mendeteksi secara dini gempa bumi di Maluku, bahkan kita bisa mengetahui gempa bumi itu dia bisa berpotensi tsunami atau tidak, kita bisa lihat di layar. Penting karena akhir-akhir ini di Maluku terjadi gempa yang cukup banyak,” katanya.

Ditambahkan, BMKG telah memberi­kan perangkat yang sangat bermanfaat untuk Pemkot untuk informasikan secara awal pada mas­-yarakat, apakah gempa ini berpotensi tsunami atau tidak. (Mg-6)