NAMLEA, Siwalimanews – Pemkab Buru hingga saat ini terus berupaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di kabupaten tersebut, melalui beberapa kegiatan skrining seperti swab, rapid test maupun tracing tracking dan krantina

“Kita masih terus berupaya menekan laju penyebaran covid-19 melalui kegiatan skrining baik degan swab maupun rapid test, juga tracing kontak dan karantina.” ungkap Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Buru Nani Rahim kepada wartawan di Namlea, Jumat (11/12).

Untuk saat ini juga kata Nani, Pemkab Buru sementara mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi covid yang akan dilaksanakan pada Bulan Januari 2021.

Untuk total jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 di Bulan November hingga Desember di Kabupaten Buru sebanyak 153 kasus dengan rincian, sembuh 132 orang, meninggal 3 orang dan dalam perawatan 18 orang.

“Untuk 18 pasien yang masih dalam perawatan hingga saat ini, 3 pasien diantarannya menjalani isolasi di RS Namlea dan 15 lainnya menjalani karantina mandiri,” rinci Nani

Baca Juga: Antisipasi Corona, ASN di Buru Bekerja dari Rumah

Menurutnya, rata-rata mereka yang terkonfirmasi covid-19 menunjukan berbagai gajala seperti, demam, batuk, hilang indra perasa/penciuman bahkan sesak nafas.

Penyebaran covid-19 di Buru sudah sampai ke pelosok desa, hal ini terbukti dari beberapa kasus yang masuk rumah sakit dengan gejala ringan sampai sedang bersal dari Desa Air buaya, Waetabi, Waenibe, Waekerta, Wanakarta dan Waekasar.

“Kita akan terus berupaya melakukan langkah pencegahan covid-19 dengan mematuhi 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker,” ucapnya. (S-31)