DOBO, Siwalimanews –  Gandeng TNI dan Pemkab, Polres Aru membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat di Kota Dobo, Kamis (4/2).

Pembagian masker tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Aru, AKBP Sugeng Kundarwanto didampingi Wakil Bupati Muin Sogalrey, Danlanal Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, Pabung Kodim Persiapan Aru Satgas Ter Mayor Inf Nugroho Siswanto dan Kepala BPBD Aru, serta pengurus Bhayangkari.

Kapolres disela-sela kegiatan tersebut menjelaskan, kegiatan ini dilakukan secara serempak dari pusat sampai daerah, termasuk hari ini di Kabupaten Aru.

“Kegiatan ini kami libatkan unsur TNI dan Pemda Aru yang difokuskan pada lima titik di Kota Dobo, yakni depan Mako Polres, Seputaran Tugu Cenderawasih, jalur Belakang Dewan lama, Pasar Timur dan Pasar Jargaria,” ucapnya.

Jumlah masker yang dibagikan saat ini kata Kapolres, kurang lebih 2 540 lembar. Kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru.

Baca Juga: Jaringan Internet & Listrik Dipastikan Aman Saat MTQ

Pembagian masker ini, bukan hanya dilaksanakan di pusat kota, namun akan dilaksanakan juga disetiap Polsek di seluruh Kecamatan di Aru.

“Tentunya kita akan sediakan juga sampai ke polsek-polsek, yang mana pelaksanaanya akan berkesinambungan dan bertahap,” ujarnya.

Untuk warga yang tidak memakai masker, Kapolres mengaku, akan dijalankan sesuai Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Protokoler Covid-19. Salah satunya adalah memberikan sanksi sosial yaitu menyapu jalan, kemudian pemasangan tulisan pada pakaian yang bertuliskan, Saya Adalah Pelanggar Protokoler Covid-19, hingga pada penutupan kios selama tiga hari bagi pemilik yang melanggar.

Wakil Bupati Muin Sogalrey pada kesempatan yang sama juga menegaskan bahwa, hari ini dan seterusnya jika kedapatan ada masyarakat yang dengan sengaja tidak mengunakan masker, maka akan ditindak sesuai peraturan perudang-undangan yang berlaku, serta perda kabupaten Nomor 6 Tahun 2020 tentang Protokoler Kesehatan Covid-19.

“Saya harap dengan adanya kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan secara sinergitas oleh unsur Forkopimda, maka kedepan Kabupaten Kepulauan Aru bisa terbebas dari penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Danlanal menjelaskan, salah satu cara untuk mencegah adanya perkembangan Covid-19 di wilayah ini, yakni dengan meningkatkan kesadaran masing-masing untuk selalu menggunakan masker dengan menerapkan 3M, yakni rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak di manapun berada.

Ia juga mengingatkan agar orang yang di luar atau berkendaraan motor dan di dalam kendaraan wajib menggunakan masker guna mencegah penyebarannya lagi.

“Saya sampaikan dan katakan kepada seluruh jajaran masyarakat agar tidak lengah, tidak lelah dan tidak kendur dalam menekan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. Ingat, masih ada orang disekitar kita,” pesan Danlanal. (S-25)