AMBON, Siwalimanews – Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Maluku mendesak pemerintah provinsi untuk mengambil langkah-langkah antisipatif, guna mencegah penularan penyakit hepatitis akut di daerah ini.

Permintaan itu disampaikan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Maluku Andi Munaswir kepada Siwalimanews di Ambon, Jumat (6/5) menanggapi masuknya penyakit hepatitis misterius di Indonesia.

Ia mengaku, saat ini penyakit hepatitis misterius telah masuk dan menyebar di beberapa wilayah Indonesia, seperti DKI Jakarta, dimana penularannya sama seperti hepatitis lain pada umumnya. Namun, jenis penyakit hepatitis yang tengah menjadi sorotan publik ini memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan penyakit hepatitis biasa.

Terhadap masuk jenis penyakit baru di tanah air ini, Munaswir mendesak semua stakeholder terkait dengan kesehatan, baik Dinas Kesehatan Provinsi Maluku maupun kabupaten/kota untuk segera mengambil tindakan antisipasi guna mencegah penyebaran kasus tersebut.

“Memang benar saat ini penyakit hepatitis misterius sudah masuk ke Indonesia, karena itu semua stakeholder terkait, baik Dinas Kesehatan Provinsi maupun kabupaten/kota perlu untuk mengantisipasinya segera,” tandansya.

Baca Juga: Tabrak Pembatas Jalan, Warga Latuhalat Nyaris Tewas

Menurutnya, pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan perlu melakukan pendekatan pencegahan lebih dini, sebelum penyakit ini masuk, sebab akan kewalahan jika penyakit ini telah terlanjur masuk ke Maluku.

Munaswir juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengutamakan kebersihan diri dan pola hidup sehat, termasuk dengan menjaga protokol kesehatan, karena hepatitis misterius merupakan jenis penyakit menular sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

“Kami juga harapkan masyarakat tetap jaga kesehatan, jaga kebersihan diri, pola hidup sehat, terus jaga protokol kesehatan, karena ini penyakit menular,” pesannya. (S-20)