AMBON, Siwalimanews – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura menggelar acara puncak Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 yang berlangsung di Student Center fakultas tersebut, Senin (3/5).

Puncak Hardiknas yang dirayakan tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, FKIP UNPATTI Menuju Pendidikan Berkualitas Berbasis Daerah Kepulauan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Happy Lelapary dalam laporanny mengatakan, saat ini bisa melaksanakan suatu momentum nasional yang menjadi tanggungjawab moral bersama yaitu Hardiknas 2 Mei 2021 .

“Implementasi kampus merdeka, merdeka belajar tidak sebatas pada kurikulum yang disusun, tetapi implementasi tersebut sudah berjalan lewat program pemerintah,” ungkap Lelapary.

Terkait hal ini kata dia, Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Kewarganegaraan mengirimkan mahasiswanya untuk berada di kampus mengajar.

Baca Juga: Kodim Namlea Sosialisasi Program Klassku

Kampus mengajar merupakan kegiatan mengajar di sekolah dan merupakan bagian dari Kampus Merdeka.

Lelepary juga melaporkan, bahwa saat ini semua lomba atau kegiatan yang bersifat akademik akan diimbangi dengan kegiatan pentas seni mahasiswa.

“Yang mengikuti lomba pentas seni ada 12 prodi, lomba debat 13 prodi dan lomba pidato 14 prodii,” urainya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada setiap prodi yang terlibat, walaupun dalam waktu yang singkat, namun dapat menyempatkan diri untuk terlibat.

Sementara itu, Dekan FKIP Unpatti Izaak H Wenno mengatakan, kemajuan pendidikan adalah tanggungjawab bersama, termasuk terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan di Maluku secara khusus dan Indonesia secara umum. “Tanggal 2 Mei 2021 kita merayakan moment nasional yaitu Hardiknas. Pendidikan abad 21 menuntut berbagai keterampilan, sebab perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menghadirkan banyak peluang dan tantangan yang menuntut kita melakukan penyesuaian,” ujarnya.

Untuk itu tambah Wenno, FKIP harus mengembangkan kreativitas, baik sebagai pendidik, tenaga kependidikan maupun mahasiswa dan segenap komponen bangsa untuk berjalan bersama-sama membangun pendidikan, terutama di Provinsi Maluku sebagai daerah kepulauan.

Hadir dalam kegiatan itu, para wakil dekan, para ketua jurusan dan ketua prodi, tenaga pendidik, tenaga fungsional, dan tenaga kependidikan serta mahasiswa peserta lomba di Lingkup FKIP Unpatti. (S-51)