AMBON, Siwalimanews – Kendati Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pileg, Pilpres dan Pilkada akan berlangsung di tahun 2024 mendatang namun DPC Partai Demokrat sudah menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dalam agenda perhelatan politik lima tahunan itu.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Ambon, Femri Tuwanakotta mengatakan, menyongsong Pemilu 2024, pihaknya akan memaksimalkan mesin partai yang dipimpinnya hingga ke jajaran ranting dan anak ranting.

“Pada prinsipnya DPC Kota Ambon saat ini lebih difokuskan terhadap mesin partai dimana hari ini juga kami telah menyiapkan PAC masih aktif dan data anak ranting masih kami kaji kembali baik yang masih aktif maupun yang belum aktif dan juga yang tidak ada. Kalau yang tidak ada maka akan dilakukan pendekatan ke bawah dan harapan kami di akhir November sudah bisa rampung  untuk mesin partai ini karena langkah awal yang harus kami buat  yakni memaksimalkan mesin partai karena jika mesin partai sudah maksimal maka pekerjaan-pekerjaan partai bisa terarah, sistematis dan terstruktur,” tandas Femri, kepada Siwalima, di Ambon, Selasa (30/8).

Kata Femri, bicara soal tahun 2024 sudah sangat dekat, walaupun saat ini baru tahun 2022 tapi kerja-kerja parpol sudah mulai gerilya, ada yang sudah terang-terangan bahkan ada juga yang bermain didalam diam.

“Demokrat Kota Ambon sendiri, kami sudah memulainya walaupun belum maksimal langkah awal dimana proses-proses penjaringan akan diumumkan pada 16 September mendatang. Jadi kita tetap ikuti aturan DPP dan kami siap berproses dalam tahapan Pileg di tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Kermite: Rakerda PDIP Harus Evaluasi Kepemimpinan Murad

Disinggung soal kebijakan dan strategi Partai Demokrat Kota Ambon dalam meningkatkan jumlah kursi di DPRD Kota Ambon nanti­nya, Femri menegaskan, di Pileg 2019 Partai Demokrat di Kota Ambon berada di posisi 3 besar jumlah suara terbanyak walaupun kehilangan kursi di dapil Sirimau II namun pihaknya optimis di tahun 2024 nanti akan terisi di semua dapil.

“Kami tetap ikuti arahan  dari penyelenggara apakah akan ada penambahan dapil atau tidak tapi yang pasti DPC Partai Demokrat Kota Ambon siap bertarung untuk merebut kursi pimpinan di DPRD Kota Ambon   namun yang paling penting adalah konfigurasi figur juga sehingga kami akan mela­kukan pendekatan demi pencapai­an kesuksesan bersama nanti­nya,” kata lulusan FTI Teknik Infor­matika di UKSW Salatiga dan kan­didat doktor di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ini. (S-08)