AMBON, Siwalimanews – Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kapasitas UMKM di Provinsi Maluku di era digital, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku menggelar kegiatan Boothcamp On Boarding (OBOR) UMKM, yang berlangsung di Swiss-Belhotel, selama dua hari Senin hingga Selasa, 29-30 Agustus.

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian dari kegiatan OBOR UMKM KPw BI Provinsi Maluku tahun 2022, yang telah berlangsung sejak Juli 2022 ini awalnya diikuti oleh 117 UMKM dari berbagai daerah di Provinsi Maluku. Setelah melalui berbagai kegiatan webinar dan kurasi produk, terpilih 20 UMKM yang dinyatakan siap untuk mengikuti tahapan boothcamp ini.  pada tahun 2022 yang bertujuan untuk memberikan pelatihan, pengenalan, kurasi produk serta pelaksanaan boothcamp para pelaku UMKM.

Dalam kesempatan membuka acara Puncak On Boarding UMKM, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku, M Lukman Hakim dalam sambutannya mengatakan, menghadapi tantangan di era digital saat ini, Bank Indonesia terus berusaha berupaya untuk turut membantu terus meningkatkan dan mendorong UMKM untuk dapat naik kelas dengan mengoptimalkan berbagai platform online guna meningkatkan kinerjanya. “Kualitas pengembangan dan awareness Produk Usaha Kecil dan Menengah melalui kegiatan-kegiatan pelatihan termasuk dalam digitalisasi pemasaran produk. Melalui program ini UMKM didorong untuk dapat memanfaatkan platform online tersebut secara aktif,” ujarnya.

Dijelaskan, program ini akan memberikan edukasi baik dari sisi teori maupun praktek dari para fasilitator yang ahli di bidangnya terkait dengan digitalisasi UMKM usaha danserta memfasilitasi UMKM agar lebih optimal dalam melakukan proses on boarding pada platform online yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Program OBOR UMKM ini juga secara khusus merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia ter­-ha­dap Kegiatan yang dilaksanakan bersama FOKUS UMKM ini ditujukan untuk membuat UMKM Naik Kelas,” katanya.

Baca Juga: Dongkrak PAD, Pemkot Optimalkan Penagihan Pajak

Sementara itu Leader FOKUS UMKM, Wiwin mengungkapkan, dibutuhkan peran serta kerjasama antara praktisi, Lembaga, akademisi dan semua pihak yang mengedepankan Kolaboraksi Aksi, sesuai dengan tagline ‘Astha Kolaboraksi’ yang dimiliki FOKUS UMKM. Sebab itulah sangat cocok sekali Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku pada hari ini menyelenggarakan  On Boarding UMKM ini  bersama fokus UMKM.

“Bank Indonesia secara konsis­ten ikut serta dalam mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan sejak 2020 lalu. Sejalan dengan semangat Gernas BBI, penguatan kapasitas dan kualitas UMKM harus terus didorong, khususnya di era digital saat ini. UMKM yang siap digital akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lebih dikenal dan menjangkau pasar yang lebih luas,” tandasnya.

Ditambahkan, pada November tahun 2021, Provinsi Maluku terpilih menjadi salah satu host pelaksanaan kampanye Gernas Bangga Buatan Indonesia.  (S-08)