AMBON, Siwalimanews – Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku ke-38 akan digelar pada 7-14 Ferbuari 2021 mendatang.

Klasis GPM Kota Ambon menjadi tuan rumah. Di­pas­tikan agenda lima tahunan itu akan berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Panitia siap melakukan tanggung jawab penting tanggal 7-14 Februari mendatang,” kata Ketua Panitia Sidang Sinode GPM ke-38, Toni Pariela kepada wartawan saat memberikan keterangan pers, didampingi Ketua Klasis Kota Ambon, Pendeta N J Rutumalessy, Rabu (16/12).

Pariela menjelaskan, sidang sinode ke-38 merupakan perwujudan dari konsolidasi gereja dalam kaitan dengan berakhirnya masa tugas Majelis Pekerja Harian Sinode GPM periode tahun 2015-2020.

Peserta yang akan hadir pada sidang sinode sebanyak 457 orang. Terdiri atas peserta biasa berjumlah 280 orang yang berasal dari 34 klasis. Masing-masing klasis sebanyak 8 orang, ditambah peserta luar biasa sebanyak 3 orang dari setiap klasis.

Baca Juga: Danlantamal Minta Maaf

Selain itu, dari unsur Majelis Pekerja Harian Sinode GPM sebanyak 9 orang, ditambah dengan peserta luar biasa yang berasal dari badan pembantu dalam lingkungan sinode sebanyak 71 orang serta utusan GPM Jakarta dan unsur PGI.

“Sedangkan untuk urusan dari luar negeri kemungkinan besar tidak dapat hadir karena pandemi Covid-19,” ujar Pariela.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, kata Pariela, panitia telah menyusun SOP dalam mengimplementasi protokol kesehatan sejak peserta tiba di Kota Ambon, registrasi, penempatan di hotel maupun dalam aktifitas persidangan. “Tentu bekerjasama dengan satuan tugas penanganan Covid-19 Kota Ambon,” ujarnya lagi.

Pariela mengungkapkan, sebanyak 280 peserta biasa akan melakukan persidangan di Gedung Gereja Maranatha. Sedangkan peserta luar biasa akan mengikuti secara virtual dari Gedung Baileo Oikumene.

Lanjutnya, untuk sidang komisi-komisi akan berlangsung secara terpisah, dan telah disiapkan 9 gedung gereja untuk meminimalisir kerumunan.

Gedung gereja itu diantaranya Maranatha, Gereja Silo, Gereja Bethania, Gereja Josep Kam, Gereja Imanuel Karang Panjang, Gereja Hok Im Tong, Gereja Nazaret dan dan Gedung Gereja Syalom.

“Untuk mensukseskan sidang sinode ke-38 ini, panitia mendapatkan dukungan penuh baik dari Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon maupun seluruh klasis termasuk jemaatnya,” kata Pariela.

Sementara Ketua Klasis GPM Kota Ambon, Pendeta N J Rutumalessy mengatakan, panitia telah mempersiapkan dengan sungguh-sungguh penyelenggaraan sidang sinode. Setelah natal dan tahun baru, panitia dan seluruh jemaat memberikan konsentrasi penuh bagi pelaksanaan agenda gerejawi tersebut.

Ia menambahkan, sekretariat panitia sidang sinode yang saat ini berada pada gedung Klasis GPM Kota Ambon akan dialihkan ke area Gedung Gereja Maranatha.

“Kami pastikan peserta datang mengikuti rapid dari wilayah masing-masing dan kami berharap teman – teman klasis di sana untuk sungguh-sungguh membantu panitia mengatasi Covid-19,” ujarnya. (S-50)