NAMROLE, Siwalimanews – Puluhan desa di Kecamatan Nam­role, Waesama, Leksula dan Keca­matan Fena Fafan ternyata belum memiliki kepala desa definitif.

Demi menjalankan roda pemerin­tahan, Pemerintah Kabupaten Buru Selatan kemudian menunjuk penja­bat untuk memimpin desa-desa tersebut.

Sedikitnya ada 45 penjabat kades yang dilantik oleh Bupati Safitri Malik Soulisa sesuai SK nomor: 130/40 Tahun 2023. Pelantikan berlang­sung di gedung serba guna Pemda Bursel, Rabu (24/5).

Bupati Safitri dalam sambutannya mengatakan seorang kepala desa mempunyai tugas yang begitu besar.

“Bukan hanya program yang ditawarkan saja, tapi idealnya seorang kades mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong-royong yang hampir punah, ingatnya.

Baca Juga: Mendadak, Pemda MBD Uji Kualitas Air

Ia juga berpesan kepada seluruh penjabat kades yang baru dilantik, untuk senatiasa menjadi pemimpin yang selalu ada dimana-mana, tanpa membedakan agama, ras, suku, tempat dan waktu.

“Jadilah seorang kades yang mampu memegang teguh amanah dan mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kebijakan pembangunan di masing-masing desa,” tegasnya.

Dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan menyongsong pemilu tahun 2024.

“Kepada seluruh masyarakat terutama pemangku-pemangku kepentingan untuk sama-sama menjaga kedamaian di daerah dalam menyongsong agenda-agenda pemerintah yakni penyelenggaraan pemilu 2024.

Hadir dalam acara itu pimpinan DPRD dan anggota, Kapolres Bursel, AKBP Agung Gumilar, Sekda Umar Mahulette, asisten bupati, Danki 731 Kabaresi Nam­-role, tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat dari 45 desa. (S-16)