JAKARTA, Siwalimanews – Platform media sosial Facebook beserta dua produknya, WhatsApp dan Instagram, sedang mengalami down atau gangguan akses sejak Selasa (5/10) dinihari.

Sejumlah netizen langsung menumpahkan keluhan serta kekecewaan mereka di akun twitter resmi @WhatsApp. Pihak WhatsApp pun membenarkan gangguan pada sistim mereka dan meyakini bahwa sama sekali tidak ada gangguan pada koneksi internet pelanggan.

“Kami sedang memperbaiknya sesegera mungkin,” tulis pihak WhatsApp menjawab pertanyaan di kolom komentar mereka.

Selain WhatsApp, Facebook dan Instagram pun juga sudah membenarkan bahwa ada gangguan akses pada layanan mereka. Mereka memberi penjelasan yang sama, yaitu segera memperbaiki agar bisa kembali normal.

Di sisi lain, laman resmi downdetector.com yang biasa mengumpulkan laporan gangguan atas layanan di sejumlah platform, juga mencatat masalah ini.

Baca Juga: BMKG: Gempa 5,3 SR di Laut Banda tak Berpotensi Tsunami

Untuk Facebook, mayoritas gangguan yang dilaporkan terjadi pada website 74 persen, aplikasi 13 persen, dan koneksi server 13 persen.

Sementara Instagram, yaitu aplikasi 46 persen, website 27 persen, dan koneksi server 26 persen. Terakhir yaitu WhatsApp dengan laporan di aplikasi 45 persen, pengiriman pesan 28 persen, dan koneksi server 27 persen.

Kejadian serupa pernah dialami Facebook, Instagram dan WhatsApp, tumbang dalam waktu yang bersamaan, pada 14 April 2019, kemudian 4 Juli 2019 dan terakhir pada 20 Maret 2021 lalu. (S-19)