AMBON, Siwalimanews – Empat Bakal Calon Walikota Ambon resmi mendaftar di Partai Demokrat Kota Ambon.

Ketua Bapilu Partai Demokrat Kota Ambon Nus Soumokil kepada Siwalimanews di Ambon, Sabtu (27/4) mengaku, hingga hari terakhir penutupan proses penjaringan dan pendaftaran bakal calon Walikota-Wakil Walikota Ambon di Partai Demokrat pada, Jumat (26/4) kemarin, sebanyak 3 bakal calon Walikota Ambon, yang resmi mendaftar.

Mereka adalah Penjabat Walikota Ambon Bodewin M Wattimena, anggota DPRD Provinsi Maluku Jantje Wenno dan Agus Ririmasse dan Ferly Tahapary.

“Sampai akhir penututan pendaftaran Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota Ambon, pak Penjabat, pak Wenno, pak Agus, dan pak Ferly,”ujarnya.

Meski telah menutup tahapan penjaringan dan pendaftaran ini kata Soumokil, Demokrat Kota Ambon masih tetap membuka ruang bagi balon walikota maupun wakil walikota yang telah mengambil formulir sebelumnya dan mau mengembalikan formulir pendaftaran.

Baca Juga: Kasus CBP Tual, Polisi Tahan Mantan Walikota

“Kita masih ada tambahan waktu untuk mereka yang sebelumnya sudah mengambil formulir yang mau mendaftar,” ujarnya.

Ditanya siapa saja yang sebelumnya mengambil formulir pendaftaran Soumokil menyebutkan, selain keempat balon yang sudah mendaftar, ada Subhan Pattimahu dan Kutny Tuhepaly sebagai Wakil Walikota Ambon.

Namun sampai sekarang, Demokrat masih tetap menunggu dengan perpanjangan waktu ini, bagi mereka yang mau mengembalikan atau mendaftar di Demokrat.

“Selanjutnya kita akan melakukan survei internal oleh Demokrat dan hasilnya menjadi salah satu indikator selain soal penyampaian visi-misi yang nantinya akan dilakukan di DPP. Itu yang menjadi penentuan rekomendasi nantinya,” ujarnya.

Ditanya soal dukungan terhadap Wattimena Soumokil mengatakan, kewennagan penuh untuk keputusan rekomendasi, ada pada DPP.

“DPC hanya melakukan proses penjaringan,” jelasnya.

Ditanya apakah Demokrat juga mendorong kadernya untuk maju dalam kontestasi ini, Soumokil mengatakan, tidak ada.

“Kita berikan kesempatan untuk putra dan putri banga ini,” tandasnya.(S-25)