AMBON, Siwalimanews – PT PLN mendukung sepenuhnya pelaksanaan PON XX tahun 2021 di Papua, itu terbukti dimana, untuk memastikan sistem kelistrikan saat pelaksanaan event akbar ini aman, maka PLN mengirimkan 132 petugas bantuan kendali operasi (BKO) sebagai tenaga tambahan dari luar Papua.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB) Abdul Farid, menyebutkan saat ini 99 personel BKO telah tiba di Jayapura. Para petugas yang telah datang, diantaranya berasal dari Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Maluku dan Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat serta Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Sulawesi, Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara dan UIP Sulawesi.

Rencananya tenaga-tenaga bantuan lainnya secara bertahap akan datang ke Papua. Sebagian petugas berasal dari unit-unit tersebut dan UIP Maluku Papua.

“Seluruh personel dari Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara ini merupakan tambahan tenaga yang dibutuhkan untuk mengamankan pasokan listrik saat PON XX nanti. Para personel ini dijadwalkan segera bergabung dengan personel dari PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB) untuk nantinya ditugaskan di venue-venue pertandingan dan lokasi strategis,” ucap Abdul dalam rilis yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa(28/9).

Disisi lain, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tentunya harus dipersiapkan PLN dengan melakukan berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi penyebaran virus tersebut, saat para personel bertugas.

Baca Juga: Komisi II Apresiasi Pembangunan Lapak di Pantai Losari

Selain pendampingan, petugas kesehatan bagi personel, PLN juga telah menyiapkan safe house untuk petugas yang terkonfirmasi positif saat menjalankan tugas.

“Kami menghimbau kepada seluruh personel yang bertugas untuk selalu mematuhi SOP yang ada dan aturan K3, serta menjalankan protokol kesehatan. Apabila saat bertugas merasa kurang fit atau tidak enak badan, mohon segera melapor ke petugas kesehatan yang berjaga agar dapat segera ditangani,” pintanya.

PLN menyiapkan total 1.574 petugas untuk memastikan suplai listrik aman saat gelaran PON XX mulai 18 September sampai dengan 15 Oktober 2021. Jumlah personel tersebut akan disiagakan di 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis pada 4 klaster penyelenggara.

“1.574 personel tersebut akan bertugas di 4 klaster, dengan rincian 458 personel di Kota Jayapura, 515 di Kabupaten Jayapura, 251 di Kabupaten Mimika dan 350 di Kabupaten Merauke,” tambahnya.

Terpisah, General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara Adams Yogasara menuturkan, untuk petugas BKO dari PLN UIW Maluku dan Maluku Utara sendiri yang dikirimkan untuk membantu menjaga kelistrikan pada PON XX Papua yakni sebanyak 20 personel.

“20 personel tersebut, terdiri dari petugas disisi transmisi, distribusi dan juga pembangkit. Keseluruhan petugas tersebut diberangkatkan secara bertahap. Kloter 1, 2 dan 3 sudah berangkat pada tanggal 19, 22 dan 25 September kemarin. Untuk kloter berikutnya akan kami berangkatkan tanggal 30 September,” jelasnya. (S-51)