AMBON, Siwalimanews – Akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi, sejak Selasa (7/9) hingga Rabu (8/9) menyebabkan pohon besar yang terletak di badan jalan di Desa Halong Air Besar, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, tumbang sekitar pukul 03.40 WIT

Tumbangnya pohon tersebut menimpa dua rumah warga, sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah. Kedua rumah itu masing-masing milik keluarga Keluarga Saimima dan Manuputty.

Kepala Seksi Operasi Damkar Ambon Meky Marantika yang dikonfirmasi Siwalimanews di lokasi kejadian menjelaskan, pihaknya menerima informasi adanya pohon tumbang itu sekitar pukul 05.30 WIT dan langsung timnya menuju lokasi kejadian.

“Saat kejadian pohon tumbang pak Manuputty sebagai pemilik rumah ini sementara istirahat dengan anaknya. Beruntung  saat pohon ini tumbang tidak langsung jatuh, tetapi perlahan-lahan, sehingga mereka bisa lari ke luar dari rumah untuk selamatkan diri,” ucapnya.

Sementara, keluarga lainnya kata Marantika, sementara menginap di rumah kerabat mereka di Karang Panjang.

Baca Juga: BMKG Himbau Warga Waspada Potensi Cuaca Buruk

“Hanya dua orang yang di rumah saat pohon tumbang sebab istri dan anaknya yang lain sementara nginap di rumah keluarganya,” ungkap dia.

Sementara itu Meton Manuputty anak dari pemilik rumah naas ini kepada Siwalimanews minta pemkot untuk memberikan perhatian serius kepada mereka para korban bencana.

“Rumah orang tua saya ratah dengan tanah, untung waktu kejadian pohon tumbang kita tidak ada di rumah, saya sudah bawa orang tua tinggal di rumah keluarga kami di Karang Panjang,” ucapnya.

Ia berharap, secepatnya pemkot dapat memberikan bantuan tanggap bencana kepada mereka .

Hingga berita ini dipublikasikan, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon bersama warga sekitar masih  membershikan puing-puing reruntuhan dan rumah warga yang roboh. (S-51)