AMBON, Siwalimanews –  PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura memastikan akan memberlakukan Genose C-19 kepada setiap pelaku perjalanan pada 1 Mei mendatang.

Hal ini sesuai surat edaran Menteri Perhubungan Nomor: 12/2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019, maka tes Genose C-19 sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi.

“Berdasarkan rencana pelaksanaan tes Genose di Bandara Pattimura Ambon akan launching pada 1 Mei mendatang,” ucap Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Aditya Narendra kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Selasa (6/4).

Menurutnya, secara nasional pemberlakukan genose antigen sudah diterapkan sejak 1 April untuk seluruh pelaku perjalanan. Untuk Bandara Pattimura, baru akan memberlakukannya 1 Mei , lantaran pihak bandara melakukan persiapan penggunaannya.

“Untuk teknis pelaksanaan dan standar operasional prosedur penyelenggaraannya masih disusun, karena pelaksanaannya bertahap di tiap-tiap bandara. Jadi tidak terlambat,” ujarnya.

Baca Juga: Lima PNS Polda Maluku Naik Pangkat

Ditanya untuk kesiapan tenaga medis untuk pelaksanaan tes kepada pelaku perjalanan, ia mengaku, semua itu sementara dipersiapkan.

“Tenaga medis termasuk dalam teknis pelaksanaan yang saya sebutkan, Jadi tim medisnya juga masih dalam proses penyusunan,” jelasnya singkat.

Sementara itu salah satu operator penerbangan Loin Air Group mengaku telah menindaklanjuti SE Kemenhub soal penggunaan genose untuk pelaku perjalanan.

Humas Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro yang dikonfirmasi Siwalimanews mengaku, sampai sekarang untuk penerbangan menggunakan Lion Air group dari Maluku sejauh ini belum menerapkan penggunaan genose.

“Penumpang masih bisa menggunakan rapid tes antigen untuk melakukan perjalanan saat ini,” jelas Danang.

Dirinya menjelaskan terhitung 1 April 2021, Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terbaru mengenai persyaratan dan ketentuan yang diperlukan bagi setiap calon penumpang yang akan melakukan pejalanan udara selama masa waspada pandemi Covid-19.

Pelaksanaan penerbangan Lion Air Group tetap berjalan sebagaimana pedoman protokol kesehatan yang telah diatur, dengan harapan agar setiap operasional dapat memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan (safety first) dan dalam upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19.

“Sampai sekarang kita masing tunggu petunjuk dari atas soal pemberlakuan Genose C-19 di Bandara Internasional Pattimura, namun sementara masih tetap menggunakan rapid tes antigen,” tandasnya. (S-39)