AMBON, Siwalimanews – Dua kader PDI Perjuangan Kota Ambon yang diusulkan sebagai Bakal Calon Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029, yakni Tri Merdekawati dan Aris Sugiharto S Soulisa, ternyata tidak masuk dalam penyaringan DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, yang dimulai Minggu (19/5)  hingga Selasa (21/5).

Dari jadwal yang diterima Siwalimanews, terkait fit and proper test Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari 11 kabupaten/kota yang dilakukan oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, nama keduanya tidak tercantum didalam.

Padahal diketahui, gambar keduanya telah terpajang di spanduk maupun baliho DPC PDI Perjuangan Kota Ambon, bersamaan dengan gambar 4 Bakal Calon Walikota lainnnya yang berproses di PDI Perjuangan Kota Ambon.

Bahkan, mereka telah disosialisasikan oleh DPC di seluruh kecamatan di Kota Ambon, sebagai kandidat Balon Wakil Walikota Ambon yang disiapkan.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Tim Penjaringan DPD PDI Perjuangan Maluku, Robby Tutuhatunewa, kepada wartawan, di lokasi fit and proper test, disalah satu hotel di Ambon, Kemarin membenarkan tidak masuknya kedua kader DPC PDI Perjuangan itu dalan tahap penyaringan tahap awal yang dilakukan DPD.

Baca Juga: Usai Tutup Toko, Pedagang Amplaz Seruduk DPRD Minta Bentuk Pansus

“Dua bakal calon Wakil Walikota yang fotonya terpampang di sejumlah baliho/spanduk itu adalah tidak resmi. Pertimbangan DPD, bahwa nama keduanya tidak pernah muncul. Dengan itu kami sesuai mekanisme, bahwa selama proses sampai dengan penutupan penjaringan, nama itu tidak pernah muncul. Saya sendiri baru tahu saat lihat baliho yang diposting,”ujarnya.(S-25)