MASOHI, Siwalimanews – Bakal Calon Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy, terus berupaya memaksimalkan peluang menyusun kekuatan politik untuk memastikan dirinya maju di Pilkada Malteng November nanti.

Upaya itu dilakukan Marasabessy dengan mendaftarkan dirinya di Partai Demokrat Maluku melalui tim kuasa khususnya yang dipimpin tokoh Kabupaten Malteng Rusdi Marasabessy didampingi  Darwin Latuconsina, Umar Hamzah Kasturian dan Kaston, Sabtu,(18/5).

Pengembalian berkas oleh tim Marasabessy itu diterima tim penjaringan dan Pengurus DPD Partai Demokrat Maluku Lattif Lahane, Ketua Bappilu Junus Jefry Ukru, Mirell Riry dan Frangky Hehanussa serta BP OKK Demokrat Maluku.

Ketua Tim Kuasa khusus Marasabessy pada kesempatan itu menyebutkan, pengambilan berkas sekaligus pendaftaran kandidatnya dilakukan di Ambon, sebagai akibat dari kendala teknis, khususnya pemenuhan waktu. Apalagi batas waktu pendaftaran di Partai Demokrat telah diumumkan akan berakhir Sabtu, (18/5) hari ini.

“Syukur Alhamdulillah, pak Mat dapat memenuhi batas waktu akhir pengembalian di Partai Demokrat. Sebagai kuasa tim khusus, kami perlu menjelaskan bahwa pendaftaran atau pengembalian berkas di Partai Demokrat, bukan karena beliau tidak berkeinginan untuk mengembalikan berkas di DPC. Namun hal ini, akibat kondisi waktu yang harus kami maksimalkan dengan tidak bermaksud lain,” ucap Rusdi.

Baca Juga: Ketua dan Sekretaris Prodi Ilmu Hukum Unpatti Dilantik

Mantan Raja Negeri Kailolo itu menambahkan, kehadirannya melalui tim, sama sekali tidak mengurangi makna kehadiran dari kandidat balon bupati.

“Kami kira kehadiran tim saat pengambilan tidak mengurangi makna kehadiran pak Mat. Secara implisit, bukan kami, namun pak Mat yang hadir. Beliau menyampaikan salam hangat bagi semua pimpinan dan kader serta simpatisan Partai Demokrat Maluku dan Malteng. Beliau memiliki nafas perjuangan yang sama dengan partai ini dan bersiap mengikuti seluruh syarat dan mekanisme partai,” tandas Rusdi.

Terpisah Ketua Tim Oenjaringan  Bacalkada PD Malteng Hidayat Samalehu, mengapresiasi pengembalian berkas pendaftaran Muhamat Marasabessy.

“Prinsipnya kami mengapresiasi komitmen balon bupati Malteng pak Mat Marasabessy. Soal pengembalian dilakukan di DPD Maluku bukan sebuah persoalan atau masalah, apalagi semua proses telah sesuai mekanisme penjaringan,” ucap Samalehu kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (18/5).

Ia mengaku, dengan modal 4 kursi dari hasil pileg Februari kemarin, Demokrat tentu memiliki energi yang tidak kecil untuk memenangkan pertarungan Pilkada November nanti.

“Energi Partai Demokrat juga tidak kecil. Insya Allah,dengan modal empat kursi kami punya energi kuat untuk memenangkan pertarungan Pilkada Malteng November nanti. Silahkan berposes Partai Demokrat akan menilai semua kandidat dengan adil,” ucapnya.(S-17)