AMBON, Siwalimanews –  Komisi III DPRD Provinsi Maluku memastikan dua jembatan besar di Kabupaten Seram Bagian Timur siap untuk digunakan oleh warga pada saat Lebaran di tahun ini.

Kepastian ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku Frankois Orno kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (27/2).

Dikatakan, Komisi III DPRD Provinsi Maluku telah melihat langsung pekerjaan dan sesuai penjelasan pihak kontraktor yang mengerjakan proyek jika akses jembatan, Waipulu di Kecamatan Siwalalat dan jembatan Waitunsa Werinama sudah bisa dilalui, kendati belum diaspal.

“Ini tujuan dari pengawasan untuk melihat secara langsung realisasi sejumlah infrastruktur yang dibiayai dari APBD maupun APBN tahun 2022 dan untuk dua jembatan ini dapat digunakan saat lebaran,” ujar Orno.

Proyek kedua jembatan yang ditangani Balai Pelaksanaan Jalan Nasional tahun 2020 dan sempat terhambat lantaran proses tender, dan setelah dilakukan tender ulang, Jembatan Waitunsa yang kerjakan oleh PT Tiga Ikan Jaya Utama, dianggarkan  sebesar Rp68.863.663.000.

Baca Juga: Bupati Lantik Puluhan Tenaga Administrator dan Pengawas

Sementara untuk jembatan Waipulu yang berada di perbatasan Kabupaten Maluku Tengah dan SBT, besar anggaran mencapai Rp72.570.701.000,  dikerjakan oleh PT Lambok Ulina, kedua anggaran bersumer dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2022.

Orno berharap, kedua jembatan ini dapat dituntaskan dalam waktu dekat agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjadi dan masyarakat lebih sejahtera setelah bertahun-tahun terisolasi.(S-20)