AMBON, Siwalimanews – Wakil ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Turaya Samal meminta PT Pertamina Cabang Ambon untuk intens melakukan pengawasan terhadap distribusi BBM jenis solar di masyarakat.

Demikian disampaikan Samal kepada Siwalimanews, Selasa (19/4) merespon belum adanya keputusan Presiden bersama DPR RI terkait dengan penambahan kuota BBM bersubsidi jenis solar bagi seluruh provinsi di Indonesia.

“Kesempatan kita kemarin bahwa memang distribusi BBM bersubsidi jenis solar ini harus benar-benar dilakukan pengawasan secara ketat oleh Pertamina, karena itu kita minta Pertamina untuk secara intensif melakukan pengawasan,” tegas Samal.

Samal menjelaskan, berdasarkan penjelasan BPH Migas, Presiden Joko Widodo meminta kepada Pertamina agar ketersediaan BBM jenis solar yang sementara tersedia tidak dihabiskan, artinya Pertamina harus secara optimal mengelola BBM bersubsidi yang tersedia.

Pengelolaan BBM jenis solar yang tersedia ini harus diperuntukkan bagi kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang mendesak dan penting, maka pengawasan yang ketat harus dilakukan di lapangan agar tidak terjadi penimbunan BBM oleh distributor yang memicu kenaikan harga.

Baca Juga: Pemkab SBB Diingatkan Hati-Hati Lakukan Pengadaan Aset 

Selain itu, peran Dinas Perdagangan dan Perindustrian Maluku juga sangat dipenting dalam melakukan pengawasan di lapangan, guna mengontrol harga barang, termasuk BBM, sehingga harganya tetap stabil. (S-20)