AMBON, Siwalimanews – Pekan Olahraga Nasional PON XX di Papua bulan Oktober mendatang semakin dekat, namun hingga kini Gubernur Maluku, Murad Ismail belum mengumumkan bonus bagi para atlet yang akan berlaga.

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Justina Renyaan meminta, Pemprov Maluku untuk segera meng­umumkan besaran bonus yang nanti­nya diterima para atlet yang akan berlaga di PON XX Papua.

Renjaan mengatakan, beberapa hari kedepan ada sejumlah atlet yang harus berangkat ke Papua untuk mengikuti PON XX, namun sayangnya belum ada kejelasan dan kepastian dari Gubernur Ma­luku  terkait dengan besaran bonus bagi atlet yang berprestasi.

“Bonus itu memang belum ada kejelasan dari pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur Maluku,” ujar Renyaan kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (2/9).

Komisi IV kata Renyaan, telah menegaskan kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan telah disanggupi, namun sampai dengan saat ini, semua itu masih berupa perkataan dan belum ada keputusan pasti.

Baca Juga: Pemilik Lahan  Segel SDN 50 & 64

Kata dia, saat ini para atlet telah masuk dalam proses karantina sebelum menjalani keberangkatan pada 6 September mendatang, artinya proses PON telah dimulai, sehingga harus ada kepastian dari gubernur.

“Para atlet memang terlihat per­caya diri dan tidak terlalu menuntut, tetapi pemda harus melihat hal ini, karena itu merupakan satu motivasi bagi atlet. Bagaimanapun harus ada kepastian agar jeri payah mereka juga dihargai oleh pemda,” te­gasnya. (S-50)